Insentif Guru Honorer Terancam Sulit Dipenuhi, Bupati Harap DPRD Amankan Sektor Pendidikan

41

BONEBOL, MEDGO.ID — Kabupaten Bone Bolango mengalami penurunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2022 yang sangat besar hingga Rp156 miliar.

Kondisi ini, diakui Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, tentu berdampak terhadap berbagai sektor pembangunan, pemerintahan, dan kemasyarakatan di daerah ini, termasuk di dalamnya pembelanjaan wajib. Seperti halnya belanja pendidikan dan kesehatan yang harus dialokasikan meski ditengah menurunnya APBD tersebut.

BACA JUGA  Pemerintah Bone Bolango Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bonebol Sayang Manado

“Belanja pendidikan dan kesehatan, itu harus dialokasikan, karena itu menjadi perintah Undang-Undang, dan memastikan layanan pendidikan dan kesehatan harus tetap berjalan dengan baik,”kata Hamim Pou pada rapat paripurna DPRD dalam rangka Pembicaraan Tingkat I Terhadap Ranperda tentang APBD Bone Bolango Tahun Anggaran 2022, di ruang Sidang DPRD, Selasa (16/11).

Bupati pun memberi contoh, dampak anggaran yang turun ini membuat pihaknya agak tertekan di sektor pendidikan.”Ada lebih kurang 1.000 guru honorer akan sulit kita penuhi insentifnya maupun gajinya. Apakah itu bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) maupun pergeseran dari Dana Insentif Daerah (DID),”ujar Hamim.

BACA JUGA  Dekab Bonebol Resmi Lantik Rustam Hulukati Sebagai Anggota DPRD Bone Bolango 

Sementara diakui Hamim, sebagaimana kita ketahui bahwa guru-guru honorer ini tidak bisa kita berhentikan. Karena sebagian besar, merekalah yang menggerakkan sekolah-sekolah di daerah ini. Tentu ini sangat sentitif untuk kita semua. Jadi kalau kita berhentikan mereka, nanti pemerintah daerah dianggap tidak peduli pada dunia pendidikan.

BACA JUGA  Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19, Ketua DPRD Bonebol: Siswa Maupun Guru Protokol Kesehatan Tetap Dijaga

Padahal salah satu item dalam penilaian kinerja pemerintahan adalah kemajuan di sektor pendidikan.”Olehnya itu, mohon dengan hormat pimpinan dan anggota DPRD untuk mengamankan sektor pendidikan ini terutama untuk guru-guru honor tersebut,”tutup Bupati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here