Indra Yasin Lantik Penjabat Baru Kepala Desa Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorut

53
Bupati Indra Yasin Lantik Pejabat Kepala Desa Talango Kecamatan Anggrek
Bupati Indra Yasin Lantik Pejabat Kepala Desa Talango Kecamatan Anggrek

Gorut, MEDGO.ID — Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin melantik dan mengambil sumpah penjabat Kepala Desa Tolango Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Dari pejabat lama Sabran Molotolo. S.IP, ke penjabat baru, Rison Adolo. S.Pd.

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut berlangsung di gedung aula Kantor Desa Tolango, Kecamatan Anggrek, dengan di hadiri oleh Asisten 1, H. Thamrin J. Yusuf S.Pd,MM.,  Camat Anggrek, Drs. Roy Van Solang. M.SI., Kadis PMD, Abdulwahab Paudi, S.IP, M.AP., Sekretaris PMD, Thamrin Monoarfa. S.Pd., Danramil (diwakili oleh Babinsa), Kopda. Hasan Mootalu, dan unsur terkait Pemerintah Desa dan Kecamatan, serta masyarakat Desa Tolango. Senin (12/04/2021).

BACA JUGA  Personil Samapta Polda Gorontalo, Terus Giatkan Patroli Kampung Tangguh

Upacara pengambilan sumpah dan pelantikan penjabat Kepala Desa Tolango dipimpin Bupati Gorut Indra Yasin, acara tersebut berlangsung Khidmat saat melantik penjabat Kepala Desa yang baru, Rison Adolo. S.Pd. yang sebelumnya di jabat oleh, Sabran Molotolo. S.IP

Dalam sambutannya Bupati Indra Yasin mengatakan, sebagaimana dengan ketentuan yang berlaku yaitu tepatnya pada pasal 75 peraturan daerah nomor 2 tahun 2018 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemilihan kepala Desa, bahwa untuk mengisi jabatan Kepala Desa yang berhenti sebelum masa jabatan berakhir, Bupati mengangkat PNS dan Pemerintah Daerah sebagai penjabat Kepala Desa. Oleh karena itu, inilah yang menjadi dasar sehingga kegiatan ini terjadi.

BACA JUGA  AKBP Suka Irawanto Gandeng Ulama Bone Bolango Wujudkan Kamtibmas Yang Kondusif

Lebih lanjut Indra Yasin menjelaskan dalam sambutan tersebut, dirinya masih ingat ketika itu Sabran Molotolo datang kerumah pribadinya yang berada di Kota Gorontalo tepat pada pukul 06:00 Wita, tanggal 28 Februari 2021.

Dengan maksud membawa surat pengunduran diri sebagai Kepala Desa Tolango Kecamatan Anggrek. Tentunya hal ini membuat Indra kaget mendengarkannya.

BACA JUGA  Refokusing Anggaran, DPRD Bonebol dan TAPD Sudah Bersepakat

“Tentunya saya kaget mendengarkannya, namun setelah mendengarkan dan membaca alasan pada surat permohonan yang diajukan kepada saya, akhirnya saya terima secara resmi pada hari itu. Alasannya ingin fokus berkarir sebagai PNS pada Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara,” kata Indra Yasin.

Lanjutnya, “Saya menyampaikan kepada nya waktu itu bahwa suratnya saya akan terima, namun saya tetap menghargai proses pemberhentian Kepala Desa sebagaimana yang diatur dalam ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.” sambungnya.

BACA JUGA  Polda Gorontalo Libatkan TNI Dan SATPOL PP Gelar Operasi Yustisi Dalam Rangka Penegakan Kepatuhan Protokol Kesehatan

Di dalam ketentuan tepatnya pada pasal 165 peraturan daerah nomor 2 tahun 2018 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala Desa, bahwa kepala Desa dapat diberhentikan oleh Bupati setelah mendapat pengajuan dari BPD.

Oleh karena itu Indra tidak langsung memproses pemberhentian kepala Desa saat itu ketika Sabran mendatangi rumah kediaman Indra di Kota Gorontalo, sebab dirinya masih menunggu hasil musyawarah Desa Tolango, Kecamatan Anggrek.

BACA JUGA  Posko Perbatasan Beroperasi 6-17 Mei, Bupati Gorut Indra Yasin bersama Forkopimda Tinjau Lagi

“Tepatnya tanggal 25 Maret 2021 masuk surat dari Kecamatan Anggrek tentang rekomendasi penjabat kepala Desa Tolango Kecamatan Anggrek dengan melampirkan surat pengajuan BPD, sejak saat itu saya perintahkan dinas PMD untuk segera memproses pemberhentian kepala Desa Tolango, dan tanggal 8 April 2021 SK pemberhentian kepala Desa saya tanda tangani.” jelas Indra

Usai pelantikan dan pengambilan sumpah penjabat kepala Desa Tolango, Indra berpesan kepada penjabat kepala Desa yang baru untuk tetap melanjutkan jalannya roda pemerintahan Desa sebagaimana ketentuan. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here