Hamim Pou: Aplikasi SIMDA dan SIPD Sangat Penting

Bonebol, Medgo.ID — Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melalui Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) menyelenggarakan kegiatan Coaching Clinic Penyusunan RKA SKPD Tahun Anggaran 2023 Kabupaten Bone Bolango.

Kegiatan yang diikuti Kasubbag Perencanaan dan operator SKPD se-Kabupaten Bone Bolango berjumlah sebanyak 117 orang itu, dibuka secara resmi Bupati Bone Bolango Hamim Pou, di Ballroom Hotel Maqna Gorontalo, Kamis (3/11/2022) malam.

Bupati Hamim Pou dalam sambutannya meminta kepada para Kasubbag Perencanaan dan Operator di setiap OPD agar mengikuti Coaching Clinic Penyusunan RKA SKPD Tahun Anggaran 2023 dengan baik.

BACA JUGA  Satu Lagi Bangunan di Bonebol, Telah di Resmikan Bupati Hamim Pou

Apalagi, kata Hamim, hal ini berhubungan dengan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) maupun Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) untuk penginputan RKA SKPD.

“Bagi saya SIMDA sangat penting, begitu juga dengan SIPD. Jadi anda semua para perencana harus melaksanakan tugas double input, yakni double input di SIMDA FMIS dan input di SIPD, walaupun tunjangannya tidak double,”ujar Bupati kepada para Kasubbag Perencanaan dan Operator OPD.

Untuk diketahui aplikasi SIMDA itu dikembangkan oleh BPKP, sedangkan SIPD dikembangkan oleh Kemendagri.

”Saya melihat untuk SIMDA ini sekarang terus dikembangkan oleh BPKP, yakni dengan aplikasi SIMDA FMIS dimana perlindungannya bisa lebih aman lagi dibanding aplikasi tahap awal, proteksinya lebih ketat,”terang Hamim.

BACA JUGA  Bupati Hamim Gunakan Jaket Bomber dari Karawo di Fashion Show Produk Halal Milenial

Hamim berharap kedepan sudah bisa dijalankan, karena sudah dua bulan terakhir ini untuk surat menyurat dokumen-dokumen resmi Pemda sudah menggunakan tanda tangan elektronik melalui aplikasi Srikandi.

“Kita harapkan sebagai terjemahan dari kabupaten kita sebagai kabupaten digital, maka akan diikuti juga dengan tanda tangan elektronik yang dilakukan melalui SIMDA FMIS bisa dilakukan tidak terlalu lama. Hanya kendalanya kita harus punya server sendiri,”tanda Hamim Pou.

Kepala BKPD Bone Bolango, Iwan Mustapa, menambahkan pelaksanaan kegiatan coaching clinic dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme perencana anggaran daerah di lingkungan Pemerintah Kab Bone Bolango dalam perencanaan anggaran daerah sebagai tahap awal yang penting dalam tata kelola keuangan daerah.

BACA JUGA  Kunker ke Pemda Banggai, Bupati Hamim Ingin Bonebol Raih Predikat SAKIP A

Secara khusus, tambah Iwan, coaching clinic ini ditujukan untuk merefresh dan meningkatkan kapasitas para perencana OPD dalam penyusunan RKA 2023 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Utamanya ditengah perubahan kebijakan tata kelola perencanaan dan keuangan daerah termasuk penyesuaian secara terus menerus dengan instrument aplikasi perencanaan dan penganggaran baik SIPD maupun FMIS. (Adv)