Guna Mendorong Masyarakat Sadar Hukum, Pemdes Molingkapoto Selatan Gelar Penyuluhan Hukum

Gorut MEDGO.ID – Pemerintah desa (Pemdes) Molingkapoto Selatan (Molsel), menggelar kegiatan penyuluhan hukum kepada masyarakat.

Kegiatan penyuluhan Hukum dilaksanakan diruang aula kantor desa Molingkapoto Selatan, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). Senin, (29/12/2021).

Adapun pelaksanaan kegiatan penyuluhan hukum turut menghadirkan pemateri dari Kejaksaan negeri (Kejari) Gorut, Polres Gorut, DPMD Gorut, dan Inspektorat Gorut.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidik, karang taruna, dasawisma, lembaga BPD, PKK dan unsur masyarakat lainnya.

Tujuan dari pelaksanaan penyuluhan hukum kepada masyarakat, agar masyarakat bisa memahami, serta memberikan edukasi, agar masyarakat desa sadar hukum.

Kepala desa Molingkapoto Selatan, Alfian I. Uno, kepada awak media menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah desa memasuki penghujung tahun 2021 ini.

“Dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap hukum, ini di desa Molingkapoto Selatan, Alhamdulillah dilaksanakan di penghujung tahun 2021 ini.
Pada intinya maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan-

penyuluhan hukum ini kami menyampaikan bahwa masyarakat Molingkapoto Selatan bisa memahami tentang peraturan perundangan-undangan, bahkan memahami persoalan hukum yang ada di negara kita.” jelas Alfian.

Lanjut Alfian, sebagaimana yang disampaikan langsung oleh para pemateri yaitu perlindungan perempuan dan anak, ataupun kekerasan dalam rumah tangga, narkotika, juga dengan undang-undang ITE.

Sebab menurutnya, selama ini sering terjadi di tengah-tengah masyarakat desa, sehingganya kegiatan penyuluhan hukum tersebut sangat penting bagi masyarakat agar lebih meminimalisir terjadinya pelanggaran hukum.

“Insya Allah kegiatan seperti ini akan tetap terus berlanjut, bukan hanya saja di tahun ini akan tetapi di tahun-tahun selanjutnya. Karena yang hadir di penyuluhan hukum ini, itu kami utamakan masyarakat.

Materi yang disampaikan ada hubungannya dengan masalah-masalah sering dilaporkan oleh masyarakat kepada kami pemerintah desa, sehingga ini upaya kami memberikan pemahaman lewat pelaksanaan penyuluhan hukum.” tutur Alfian.
(Inong)

Exit mobile version