Frengky Monoarfa dapat Restu dari Menteri BAPENNAS RI Suharso dan Gubernur Gorontalo RH. Sebagai Calon Direksi BSG

217
Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Rusli Habibie Restui Frengky Monoarfa Maju Direksi Bank SulutGo
Suharso Monoarfa yang merupakan kepala Bappenas, saat memberikan dukungan kepada Frengky Monoarfa (Foto IST)

Manado, MEDGO.ID — Bursa calon direksi Bank Sulut Gorontalo (BSG), semakin mengerucut. Dari lima calon direksi, satu diantaranya Frenky Monoarfa  merupakan putra Gorontalo,  yang telah lama berkarir dibank ini, hampir seluruh umurnya didedikasikan untuk BSG.

Santer terdengar kabar bahwa Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, adalah sosok yang berpengaruh dalam karir Frengky di dunia perbankan.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Rusli Habibie Restui Frengky Monoarfa Maju Direksi Bank SulutGo
Menteri dan juga Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat memberikan dukungan kepada Frengky Monoarfa untuk maju sebagai Direksi PT BSG(Foto IST)

Namun demikian, bukan berarti ia tak memiliki pengalaman dalam dunia perbankan. Jabatan sebagai kepala unit ditlapis bawah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Sulawesi Utara dan Gorontalo, telah digelutinya.

Tak hanya Sumo sapaan akrab Suharso Monoarfa, bocoran dari orang terdekat Rusli Hbaibie (RH), menyampaikan bahwa Gubernur Gorontalo, sangat apresistif dan merestui Frengky untuk menduduki jabatan direksi BSG.

Dukungan dari dua orang penting, saatdalam pembahasan RUPS Bank SulutGo untuk menduduki jabtan penting sebagai direksi, tak membuat Frengky terlena. Baginya itu sebagai dukungan dan do’a, akan ia pergunakan dengan profesional, bila kelak, ia dipercayakan sebagai salah satu direksi BSG.

Gubernur Rusli Habibie saat bertemu Frengky Monoarfa, untuk memberikan dukungan nya(Foto IST)

Saat diwawancarai, Frengky menuturkan ada beberapa agenda penting yang harus dilakukan untuk lebih menjaga eksistensi BSG. Karena sebagai bank komersial, ia tertantang untuk lebih mengembang kan dari apa yang sudah dicapai BSG hari ini.

“BSG sekaanrg sudah lebih maju dibandingkan bebrapa tahun kemarin.  Para nasabah saat ini sudah bisa menikmati fitur-fitur layanan online.  Sehingga sangat  siap untuk berkompetisi dengan bank umum lainnya,” kata Frengky Monoarfa SE, MM., mantan Pemimpin Divisi Pengembangan Bisnis BSG, saat diwawancarai pada Rabu (17/03/2021), melalui sambungan telpon.

Tak hanya itu, kontribusi BSG selama ini menunjang laju pertumbuhan usaha kecil, menurutnya harus dipertahankan dan terus ditingkatkan.  “Begitu juga dibidang perkreditan sudah banyak membantu masyarakat di Sulut & Gorontalo,  khususnya para pengusaha UMKM,  dengan tingkat bunga yang cukup bersaing,  sehingga bisa mendongkrak perekonimian,  baik di daerah Sulut maupun Gorontalo,” sambung,  alumnus Magister Management, Universitas Muslim Indonesia tahun 2010 ini.

Saat dmintai komentar, apa sesungguhnya yang melatar – belakangi dirinya untuk terus berkiprah di BSG. Ia menyampaikan bahwa pengabdiannya harus tuntas, sebab peran bak dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama daerahnya, masih sangat dibutuhkan.

“Yang memotivasi saya untuk maju menjadi pengurus BSG,  tidak lain adalah untuk melanjutkan pengabdian saya di BSG ini.  Sekaligus bisa membantu pemerintah dan masyarakat,  khususnya untuk daerah tercinta Hulondhalo,  yang masih sangat membutuhkan akses di bidang perbankan,” ujarnya.

Dukungan keluarga tentu akan menjadi penyyemangat bagi dirinya untuk tetap berkaris di dunia perbankan, dan itu menjadi pondasi awal. “Selama saya berkarir di BSG dengan rentang waktu yang sangat panjang. Yaitu,  selama 35 tahun lebih,  dimana keluarga (orang tua, Istri, dan anak-anak) sangat memberi dukungan penuh dan selama ini selalu memberi semangat dan motivasi,  walaupun saya harus berpindah pindah tugas di beberapa daerah di Sulut dan Gorontalo,” tutupnya.(MDG)

Profil Frengky Monoarfa

Perjalanan karir Frengky Monoarfa, SE, MM

  1. Pelaksana Cabang  PT Bank Sulut Gorontalo (1 Mei 1985- 5 septeber 1992)
  2. Pjs Kepala Seksi Teler (Kas) Cabang Gorontalo BSG (5 September 1992- 17 Mei 1993)
  3. Pjs Kepala seksi Teler (Kas) Cabang Gorontalo (17 Mei 1993- 1 Juli 1994)
  4. Kepala Seksi Kas dan Teler Cabang Gorontalo (01 Juli 1994-20 Februari 1997)
  5. Pemimpin Cabang Pembantu Marisa (20 Februari 1997 – 1 Oktober 1999)
  6. Kepala Seksi Kredit Kontraktor Biro pemasaran PT BSG (1 Oktober 1999 – 28 februari 2001)
  7. Pengelola Pengelolaan dan Pengembangan Kredit Divisi Divisi Kredit (28 februari 2001-1 November 2003)
  8. Kontrol Interen Cabang Gorontalo (1 November 2003 – 24 Agustus 2004)
  9. Kontrol Interen Cabang Limboto (24 Agustus 2004 – 1 Januari 2006)
  10. Wakil pemimpin cabang Limboto (1 Januari 2006 – 27 April 2009)
  11. Diperbentukan Pada Divisi PBC BSG (27 April 2009 – 1 Oktober 2012)
  12. Pemimpin Departemen Hub. Cabang dengan Pihak Ketiga PBJ BSG (1 Oktober 2012 – 11 Mei 2017)
  13. Pemimpin Divisi Manajemen Resiko PT BSG (11 Mei 2017 – 1 Maret 2018)
  14. Pemimpin Divisi Kredit Komersil PT BSG (1 Maret 2018 – 8 Agustus 2018)
  15. Pemimpin Divisi Pengembangan Bisnis PT BSG (8 Agustus 2018 – 21 Juli 2019)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here