Fraksi Gerindra DPRD Bonebol Desak Insentif Nakes Harus Segera Dibayarkan

113

BONEBOL, MEDGO.ID — Fraksi Gerindra meminta pemerintah Kabupaten Bone Bolango untuk segera melakukan proses pencairan pembayaran Insentif bagi Tenaga Kesehatan (Nakes).

Desakan ini bukan kali pertamanya disuarakan fraksi Gerindra. Misalnya disela rapat TAPD dengan pihak rumah sakit, dan dinas kesehatan selaku mitra kerja rumpun kesehatan belum lama ini.

Fraksi Gerindra dipimpin Tahir Badu mengingatkan masih rendahnya pencairan insentif nakes yang baru mencapai 13 persen. Padahal anggaran untuk insentif nakes selama ini sudah termasuk disiapkan di penanganan covid-19 sebesar Rp 36 Miliar melalui dana APBD pada proses refocussing 8 persen. Pada saat tahun 2020, memang di Bonebol sempat mengalami kendala.

BACA JUGA  Ranperda Perubahan SOTK, Ini Pandangan Umum Dari Fraksi PPP

Dimana anggaran untuk nakes yang semestinya dibayar sebesar Rp 5 Miliar lewat dana APBN malah berubah alih diserahkan menjadi tanggungjawab pemda lewat APBD, pasca keluarnya surat keputusan Menteri Keuangan.

Akibat perubahan jelang waktu diakhir tahun itu maka menjadi tunggakan hutang yang harus diselesaikan pemda. Untuk dokter spesialis saja standar pembayaran di APBN yang sebelumnya sebesar Rp 15 Juta namun sejak diserahkan ke APBD,kemampuan keuangan pemda tidak bisa dipaksakan dan diberi ruang menteri keuangan untuk menetapkan dan menentukan standar biaya daerah sehingga berubah menjadi Rp 5 juta. Begitu juga halnya tenaga kesehatan lain di puskesmas hanya bisa dibayarkan setengahnya dari Rp 5 juta perbulan menjadi Rp 2,5 juta.

BACA JUGA  Bentuk Konkrit Menjaga Hubungan Kerjasama antar Instansi

“Alhamdulilah Itu akhirnya sudah dibayar hutang itu kurang lebih Rp 1,6 Miliar. ” Ujar Tahir.

Sedangkan sampai bulan Juli ditahun 2021 ini pemda belum juga mencairkan. Setelah ditelusuri rupanya bukan lantaran ketidaksiapan keuangan daerah justru sebaliknya belum dicairkan itu penyebabnya karena belum juga adanya tagihan yang diajukan dari tingkat bawah, baik itu dari Puskesmas, Rumah sakit atau dinas kesehatan.

BACA JUGA  Terima Laporan LSM, Komisi II DPRD Bonebol Tinjau Pekerjaan Jalan Desa Bulontala

Terkait hal itu Fraksi Gerindra pun mendesak supaya dokumen administrasi tagihan yang tengah disiapkan sekarang dan dijanjikan selesai minggu ini untuk segera dirampungkan. Ini dimaksudkan supaya dana refocussing yang telah disiapkan sudah ada realisasinya.

” Fraksi Gerindra prihatin nakes yang sementara bertarung digarda terdepan mengorbankan nyawa melawan virus Covid-19 kemudian malah tidak ada perhatian maka kami mendesak dikes jangan lagi nanti menunggu-menunggu. Mana saja tagihan yang sudah masuk input kemudian tagih ke keuangan pemerintah daerah agar bisa secepatnya diterima Nakes, “Pungkas Aleg Gerindra Bonebol itu. (IH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here