Duta SDGs UNG Berhasil Capai Peringkat 2 Di Tingkat Nasional

53

KOTA GORONTALO, MEDGO.IDUniversitas Negeri Gorontalo (UNG) mencetak kembali prestasi di tingkat nasional. Capaian prestasi tersebut ialah dengan meraih peringkat 2 Nasional kategori penerapan pada pemilihan Duta Kampus SDGs Nasional 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian PPNI/Bappenas yang untuk pertama kalinya event ini dilaksanakan di Indonesia.

Hal tersebut terbukti dengan pengumuman juara yang disampaikan pada hari Kamis, Tanggal 17 Desember 2020 oleh kementerian PPN/Bappenas secara virtual yang dihadiri oleh Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo, Menteri PPN/Bappenas Bapak Dr. Ir. Suharso Monoarfa pada acara yang bertajuk “SDGs Annual Conference Build Forward Together: Bangkit bersama dari COVID-19 untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

BACA JUGA  Pulihkan Ekonomi, Pemkot Gorontalo Terima 294 Miliar

Yang meraih peringkat dua tingkat nasional pada pemilihan Duta SDGs ialah Hendrawan Dwikurnia Datukramat Exzalin Putri Fanda Hilalasalah mahasiswa dari Jurusan Farmasi dan Jurusan Manajemen Ekonomi yang sebelumnya selama 2 minggu menjalani bimbingan yang dikoordinir oleh Pusat Studi SDGs UNG Dr. Raghel Yunginger, M.SI dengan melibatkan tim SDGs Bapak Bobby R., Payu, M.Si, Bapak Funco Tanipu, MA dan juga para dosen dari program studi yaitu Ibu Amalia, M.kes (Kesmas), Ibu Dizki Ramadhani Papeo, M.S..Farm. (Farmasi), Ibu Yulinda Ismail dan Bapak Andi Juana (Manajemen Ekonomi).

BACA JUGA  Musda Golkar Kota Tertunda, Ini Tanggapan Kader Golkar Akar Rumput

Dari hasil bimbingan melahirkan dua proposal unggulan program yang akan direncanakan untuk Tahun 2021 dan 2022 yaitu untuk Duta SDGs, Hendrawan Datukramat mengangkat masalah stanting yang solusinya inovasi adalah PELITA DESA (Pengembangan Literasi Kesehatan) di Desa Hutadaa Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, kegiatannya meliputi “Pelita Remaja, Optimis Sehat” dengan memanfaatkan tanaman lokal berbasis “bio eco culture dalam pemenuhan gizi masyarakat”, dan terakhir integrasi program melalui teknologi IT berupa Dashboard Pelita Desa berbasis android.

Sedangkan Exzalin Putri Hilala, mengangkat masalah UMKM dengan topik “SMP UMKM (Sekolah Masyarakat Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Di Desa Tulo’a Kecamatan Bulango Utara, Kabupaten Bone Bolango.

BACA JUGA  Menjaga Hubungan Mitra Kerja, Dekot Gorontalo Menghadiri Pembukaan Bimtek RKPD

Kegiatannya meliputi pembentukan komunitas SMM UMKM, Kurikulum UMKM berbasis inovasi potensi lokal, dan membentuk marketplace berbasi platform android yang mengandeng mitra usaha lain.

Dari proposal ini berhasil menghantarkan Hendrawan Dwikarunia Datukramat dan  Exzalin Putri Hilala sebagai juara 2 tingkat nasional Duta SDGs.

Kesuksesan ini dapat diraih karena atas ijinNya dan dukungan yang luar biasa dari Rektor UNG Eduart Wolok, untuk kelancaran kegiatan.

Begitupun support dari Wakil Rektor 3 Karmila Machmud, yang selalu mendamping mahasiswa dan Tim SDGs. (MDG)

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here