banner 728x250

DPMD Gorut Gelar Rapat Persiapan Pemilihan Kepala Desa, Serentak 10 Desa Dan 3 PAW

  • Bagikan
banner 468x60

Gorut MEDGO.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, (DPMD) Kabupaten Gorontalo Utara, menggelar rapat persiapan pemilihan 10 kepala desa, serta pemilihan 3 kepala desa Pengantar Antar Waktu (PAW).

Rapat yang digelar di aula kantor DPMD Gorut diikuti oleh 10 kepala desa yang ikut dalam persiapan pemilihan kepala desa secara serentak. Jumat,(23/7/2021)

BACA JUGA  Pemdes Ibarat, Terus Pacu Percepatan Penyaluran BLT Untuk Kebutuhan Masyarakat

banner 336x280

Mengawali arahan dan sambutan yang di sampaikan oleh kepala dinas DPMD Kabupaten Gorontalo Utara, Abdullah Wahab Paudi, menyampaikan beberapa hal persiapan dan mekanisme dalam pemilihan kepala
desa secara serentak yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2021.

BACA JUGA  Camat Kwandang Yang Baru DiSambut Adat Mopotilolo Oleh Masyarakat Desa Botungobungo

Gelar rapat persiapan Pilkades tersebut dipimpin langsung oleh Kadis DPMD Gorut, Abdullah Wahab Paudi, didampingi Kabid Pemerintahan dan Kelembagaan Desa, Rison Adollo. Kasie Pengembangan Desa dan Pendapatan Kekayaan Desa, Ratno Entengo. Kasie Tata Pemerintahan dan Adminitrasi Desa, Ali Lihawa, beserta Camat Tomilito, Rizal Modanggu.

BACA JUGA  Thamrin  Yusuf : Pengelolaan BUMDes Harus Kuat dan Punya Niat  Baik

Dalam penyampainya Kadis DPMD mengatakan, pelaksanaan Pilkades tersebut sebelumnya akan dilaksanakan pada tahun 2020, namun-

situasi saat itu masih dalam lingkaran Covid-19. Meskipun begitu, pada pelaksanaan Pilkades nanti akan diberlakukan secara ketat tentang protokol kesehatan, untuk menghindari kerumunan saat Pilkades berlangsung.

BACA JUGA  Raih Juara I, Sekdes Pontolo: Ini Tidak Lepas Dari Dukungan dan Partisipasi Masyarakat

“Hubungan juga dengan Covid ini, maka pelaksanaan Pilkades, dan pemilihan kepala desa pengganti antar waktu, juga di tunda. Yang mestinya dilaksanakan di tahun 2020, itu di tunda sambil menunggu ketentuan yang nanti akan di atur oleh Pemerintah pusat.

Di tahun 2021 Pemerintah pusat mengeluarkan Permendagri nomor 72, terkait dengan pelaksanaan Pilkades dan pemilihan kepala desa antar waktu. Kita dapat melaksanakan, dengan memperhatikan protokol kesehatan.” jelasnya.

BACA JUGA  Di Jadwalkan Para Pedagang Pasar Pontolo Akan Menerima Vaksin Pada Minggu Depan

Lanjut Kadis DPMP menuturkan, bahwa regulasi yang dikeluarkan itu harus ada penyesuaian dengan Permendagri nomor 72, bersamaan dengan peraturan daerah yang harus di rubah.

BACA JUGA  Camat Anggrek: Isilah Kemerdekaan Ini Dengan Hal-Hal Positif, Dan Semangat Membangun.

“Alhamdulillah sekarang sudah selesai, walaupun perjalanan kita membuat peraturan daerah ini sangat tertatih-tatih, tapi Alhamdulillah dengan dukungan maskimal dari DPRD ini bisa segera selesai. Untuk peraturan Bupati sementara diselesaikan, tapi pelaksanaan pemilihan kades serentak ini di regulasi itu diatur 6 bulan.

Berarti mulai bulan Juli sampai dengan bulan Desember. Kita akan laksanakan pelantikannya pada bulan Desember, pemilihannya kita akan buat skenario penjadwalan dan tahapan, dan kita laksanakan pada bulan, akhir Oktober, atau awal bulan November untuk pelaksanaan Pilkades serentak.” tandasnya

BACA JUGA  Bupati Gorut Lantik Anggota BPD Di 7 Desa Kecamatan Anggrek dan Monano

Dirinya menambahkan, untuk pemilihan Kades, Pengantar Antar Waktu (PAW), akan direncanakan bulan depan sudah dapat dilaksanakan di masing-masing desa, dan ada beberapa desa yang akan melaksanakan.

BACA JUGA  Desa Pontolo Atas Kwandang Kecipratan Anggaran Pamsimas Untuk Pemanfaatan Air Bersih

Berikut 10 desa yang akan melaksanakan Pilkades secara serentak, yaitu Gentuma, Molonggota, Ketapang, Tanjung Karang, Titidu, Biau, Limbato, Papualangi, Tolinggula Tengah, dan Koluwoka.

BACA JUGA  Warga Desa Malingkapoto Terpapar Covid ? Kata Kades Ardon : Itu Tak Benar, dan Warga Kami Siap Di Vaksin

Untuk pelaksanaan kepala desa antar waktu, atau Pengantar Antar Waktu (PAW), diikuti oleh 3 desa, diantaranya desa, Deme II, Monas, dan Wopalo.

Reporter: Suripno Ar. Onge (Inong)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *