DPMD Gorut: BLT Harus Secepatnya Di Salurkan Kepada Keluarga Penerima Manfaat.

488

Gorut, MEDGO.ID — DPMD Gorut: BLT Harus Secepatnya Di Salurkan Kepada Keluarga Penerima Manfaat.Menyangkut segala kebutuhan masyarakat, Pemerintah Desa harus mendorong taraf hidup ekonomi masyarakat, terutama yang hidup di pedesa’an.

Inilah yang menjadi keseriusan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, (Gorut) dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Gorut,

BACA JUGA  Begini Strategi Camat Anggrek Untuk Menghindari Penularan Wabah COVID-19

terus melakukan beberapa hal terkait percepatan penyaluran BLT tentang laporan desa, bagi desa yang sudah menyalurkan BLT melalui anggaran dana desa tahun 2021, untuk lebih dipercepat lagi laporan pelaksanaan BLT di masing-masing desa.

Dari hasil pemantauan awak media di beberapa hari yang lalu, saat mengunjungi satu persatu kantor desa, di temui masih ada desa-desa lain yang baru sementara-

dalam pengurusan penyaluran BLT, dan ada juga yang masih mengulur-ngulur waktu saat memasuki ke tahap berikutnya sesuai bulan berjalan.

BACA JUGA  Kades Alata Karya Manfaatkan Dana Desa Bangun Paving Blok

Terkait dengan hal itu awak media langsung mendatangi kantor DPMD Gorut, dan langsung menemui Kepala seksi pengembangan Desa dan Pendapatan Kekayaan Desa, Ratno Entengo. Senin,(7/6/2021)

“Untuk BLT ini dari bulan Januari sampai bulan Mei, itu masuk dalam dana desa tahap 1. Sehingganya untuk bulan Juni harus sudah masuk dana desa tahap 2.

Akan tetapi dalam dana desa tahap 1 ini, yang BLT di dalamnya ada 5 bulan itu memang masih banyak juga desa-desa yang belum memacu progresnya.

BACA JUGA  Pemdes Botungobungo Prioritaskan Anggaran DD untuk Infrastruktur Masyaraat Desa

Sehingga disini data kami masih ada tiga desa yang belum sama sekali melaksanakan ataupun memasukkan laporan untuk BLT Januari.” jelas Ranto.

Ratno menambahkan ada di tiga desa yang telah di sebutkan di atas tadi yaitu, desa Katialada, desa Langge, dan desa Putiana, yang belum memasukkan laporannya untuk BLT bulan Januari.

Lanjut Retno lagi, ada juga yang sudah melaksanakan penyaluran BLT pada bulan Januari dan Februari, tetapi sampai saat ini belum memasukkan laporannya di DPMD Gorut. Sebab menurut Ratno hal tersebut akan berpengaruh pada pentransferan dana desa.

“Secara otomatis transferan dana BLT dari pusat belum bisa dilaksanakan, karena berdasarkan PMK 222 tahun 2020 terkait pengelolaan dana desa, yang di dalamnya ada juknis tentang.

BACA JUGA  Pemdes Ilodulunga Kecamatan Anggrek Salurkan BLT Kepada Keluarga Penerima Manfaat

BLT serta mengatur, setiap desa itu wajib memasukkan laporan BLT untuk Januari, itu syaratnya hanya perkades BLT, nah untuk bulan-bulan berikutnya harus memasukkan laporan dulu.

Sehingganya ketika desa tidak memasukan laporan, negara juga tidak bisa mentransfer dana APBN ini dari negara ke desa.” ucap Ratno.

Menyinggung soal sangsi yang dikenakan kepada yang menunda penyaluran BLT, Ratno mengatakan soal sangsi tersebut belum ada yang mengatur untuk tahun ini.
Dirinya mengatakan soal sangsi di tahun 2020 itu memang sudah jelas sangsinya, berdasarkan PMK 50, pada waktu itu.

“Yang ada juga edaran dari menteri, yang mana ketika desa tidak salurkan BLT selama sembilan bulan, itu dikenakan sangsi pemotongan dana desa 50% tahap 2 untuk tahun 2021 ini.

Sehingganya untuk tahun ini kita khawatir seperti pada tahun kemarin, karena saat ini laporan penyaluran BLT harus sesuai dengan bulan berjalan. Jangan sampai ketika bulan Desember nanti ada desa yang

ketinggalan 4 sampai 5 bulan, saya khawatir ini akan menjadi Silva negara, karena dana ini masih tersimpan di negara. Beda dengan tahun-tahun sebelumnya, sebab dana desa memang sudah ada di rekening desa, tinggal melaksanakan BLT desa.” terang Ratno.

BACA JUGA  Camat Kwandang Ajak Seluruh Kades Dan Aparaturnya Tetap Jaga Sinergitas Membangun Desa

Sebab menurut Ratno, pada tahun ini beda, dan ketika memasuki bulan Desember nanti desa-desa yang masih ketinggalan melaksanakan penyaluran atau pun laporan BLT nya 4 sampai 5 bulan, di khawatirkan tidak akan tersalur BLT desa, dan pasti akan kena sangsi

Reporter: Suripno Ar Onge (Inong)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here