banner 728x250

DinKes Gorut Sisir Desa Posso Upaya Preventif Penyebaran Malaria Dan DBD

  • Bagikan
banner 468x60

Gorut MEDGO.ID – Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara, (Gorut) kembali melakukan pengambilan sampel darah kepada masyarakat desa Posso, Kecamatan Kwandang.

Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah warga teridentifikasi penyakit malaria atau tidak. Warga pun ikut ambil bagian dalam pemeriksaan ataupun pengambilan sampel darah untuk diuji di mikroskop.

BACA JUGA  Kadis DPMD Gorut Resmi Buka Uji Coba Perangkat Akuntabilitas Sosial di Desa Pontolo

banner 336x280

Kegiatan pemeriksan atau sampel darah tersebut berlangsung di kantor desa Posso, Kecamatan Kwandang. Rabu,(28/7/2021)

Kepada awak media, tim dari Dinkes Gorut, Diana Ibrahim, menjelaskan terkait dengan pelaksanaan kegiatan pemeriksaan darah sebagai upaya langkah preventif terhadap penanggulangan Malaria.

BACA JUGA  Pemdes Ilodulunga Gelar Penyuluhan Hukum, Perlindungan Anak dan Perempuan

“Saat ini kami melakukan pemeriksaan malaria, karena ada tentara pada bulan kemarin yang diidentifikasikan terkena Malaria. Temuan tersebut awalnya 1 orang, terus dia langsung dirawat di RS, Zainal Umar Sidiki (ZUS).” jelas Diana.

BACA JUGA  Pemdes Botungobungo Laksanakan MUSDes, Bahas Tentang RKPDes Dan Usulan Pembangunan 2022

Diana menuturkan, pasien tersebut bertugas di kompi A yonif 713 Gorut, desa Posso Kwandang, dan sekaligus tim dari Dinkes memeriksa anggota yang lain yaitu teman-temanya.

“Kami dapat 17 orang yang terkonfirmasi positif Malaria, dan ternyata Malaria itu diklasifikasikan kasus impor, nah itu mereka dapat dari Papua. Sementara di Gorontalo ini kan sudah eliminasi, waktu itu tahun 2017, pak Bupati Indra Yasin sudah terima sertifikat eliminasi dari kementerian, beliau langsung yang terima di Jakarta.” ucapnya.

BACA JUGA  UKM Tinelo Putri Desa Popalo Terima Kunjungan Dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo

Untuk upaya penanggulangan bagi semua masyarakat yang tinggal di desa Posso, lanjut Diana menyampaikan, tetap dilakukannya pemeriksaan darah, dan langsung diperiksa di mikroskop. Ketika ditemukan, nantinya akan diantar obat Malaria oleh petugas kesehatan Puskesmas Kwandang.

BACA JUGA  Dinkes Gorut Terus Genjot Progres Percepatan Vaksinasi Untuk Masyarakat

“Kalau misalnya petugas tidak datang, tidak datang ke rumah, dan pimpinan kami akan melapor menyurat ke desa dan ke kompi A yonif 713, berapa banyak yang di skrining, berapa banyak yang negatif dan berapa yang ditemukan lain, seperti itu” tutup Diana.

Reporter: Suripno Ar. Onge (Inong)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *