Dewi K. Lajambu: Antara Pemdes, BPD Dan Masyarakat Harus Bersinergi Membangun Desa

Gorut MEDGO.ID-Apa yang menjadi capaian program progres percepatan pembangunan desa yang berskala prioritas, diperlukan dukungan semua lapisan masyarakat dalam hal ikut membantu-

pemerintah desa didalam melaksanakan program program pembangunan. Hal tersebut disampaikan oleh staf Kecamatan anggrek, Dewi K. Lajambu, saat memberikan sambutan-

BACA JUGA  Pemdes Botungobungo Bersama Mahasiswa UMgo Menggelar Sosialisasi Sadar Wisata

dan arahannya kepada para undangan yang hadir di kegiatan MUSDes, rancangan peraturan desa tentang APBDes perubahan, yang dilaksanakan di ruang kantor BPD desa Langge, Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). Jumat,(29/10/2021).

BACA JUGA  Pemdes Tutuwoto Salurkan BLT Untuk Bulan Oktober Dan November 2021 Kepada 64 KPM

“Dengan melihat kondisi yang ada di desa Langge ini kami sangat respon dan bagus. Namun dalam hal ini apalagi dalam acara musyawarah desa, hasil dari MUSDes ini adalah untuk masyarakat desa semua, dan ini perlu dihadiri oleh masing-masing perwakilan.” ucap Dewi.

BACA JUGA  Pengajar Muda Dari Berbagai Universitas Masuk Perkampungan di Tiga Kecamatan

Dirinya sebagai staf di Pemerintah Kecamatan Anggrek, dalam kegiatan MUSDes, mewakili Camat Anggrek, Abdullah Kadir yang saat itu sedang berada diluar daerah.

Saat memberikan arahan kepada tamu undangan yang hadir di kegiatan MUSDes, Dewi sempat terkejut dengan ketidak hadiran sebagian masyarakat, yang intinya dari rapat MUSDes tersebut untuk kepentingan masyarakat desa.

BACA JUGA  Pilkades Serentak Gorut Direncanakan Akan Dilaksanakan Pada Awal Tahun 2022 Nanti

“Saya hanya ingin memperbaiki bagaimana roda pemerintahan daripada desa ini bisa maju. Saya tidak membandin-bandingkan desa yang lain, namun sehebat apapun pimpinan, kalaupun tidak ada dukungan dari masyarakat, baik aparat itu sendiri maka tentunya ini akan tidak berhasil.” jelas Dewi

BACA JUGA  Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara Apresiasi Pengolahan Destinasi Wisata Di Desa Botungobungo

Sebab menurut Dewi, untuk mencapai suatu tujuan dalam progres program pembangunan desa, tentunya harus ada kerja tim, kebersamaan antara BPD, sebagai mitra kerja harus harmonis, dan mendapat dukungan sepenuhnya oleh masyarakat desa.

Dewi juga mengingatkan tentang tingakat kehadiran, baik dalam mempersiapkan musyawarah desa itu adalah pemerintah desa untuk memfasilitasi semua kegiatan yang dilaksanakan oleh BPD.

BACA JUGA  Tiga Desa Sekaligus Terima Sosialisasi SDGs Oleh Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Gorontalo Utara

“Sehingga keharmonisan mitra dan Pemdes bersama-sama bergandengan tangan maka seluruh kegiatan yang menjadi harapan masyarakat kita semua demi meningkatkan ekonomi masyarakat seperti di-

tempat-tempat lain itu kita bisa bersaing. Seperti yang disampaikan oleh kepala desa, Insyaa Allah kedepan bahwa desa ini akan menjadi satu desa berkembang, dan kalau saya lihat di data, desa ini akan menjadi desa berkembang.” ujarnya

BACA JUGA  Warga Desa Bulili Kecamatan Duhiadaa Mendapat BSR 20 Unit Dari Perkim

Dewi menegaskan, dalam kesempatan MUSDes ini butuh kehadiran dan peran kepala dusun, bagaiman untuk bisa menghadirkan masyarakat itu sendiri dari masing-masing dusun.

BACA JUGA  Pemdes Desa Bulalo, Bagikan Sembako Gratis Kepada Masyarakat Yang Ikut Vaksinasi

“Jadi kesempatan ini jangan disia-siakan, dan hari ini adalah penentuan hasil apa yang ada kedepan untuk pembangunan di beberapa dusun di desa Langge. Karena ini adalah penentuan hasil dari masing-masing dusun,-

apa yang harus diprioritaskan dimasukan dalam rancangan ini yang sebentar nanti akan ditetapkan oleh BPD, jika sudah ada penetapan, maka tidak ada lagi penetapan berulang-ulang” tandasya.

BACA JUGA  Hanya Berselang Dua Jam di Guyur Hujan, 2 Desa Sekaligus Terendam Banjir

Dewi berharap kepada seluruh masyarakat desa Langge, maupun aparat desa, untuk tetap bersinergi, membangun desa demi kemaslahatan masyarakat Langge. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge

 

Tinggalkan Balasan