Desa Molingkapoto Selatan Ingatkan Warga Tetap Waspada, Terhadap Intensitas Hujan Semakin Tinggi

18
Desa Malingkapoto Selatan

Gorut, MEDGO.ID — Peningkatan curah hujan akhir-akhir ini yang mengguyur Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) meskipun intensitas hujan turun Pemerintah Desa Molingkapoto Selatan.  Tetap selalu waspada terhadap banjir bandang maupun tanah longsor yang umumnya terjadi di jalan trans Sulawesi.

Kepala Desa Molingkapoto Selatan Alfian I. Uno saat di temui diruang kerjanya ia menjelaskan meskipun intensitas hujan sangat randah dirinya tetap mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap hujan yang sering terjadi akhir-akhir ini.

“Seperti yang terjadi pada minggu-minggu yang ketika terjadi hujan deras apalagi di tambah dengan intensitas hujan yang cukup lama itu bisa memungkinkan terjadinya banjir bandang. Dampak dari hujan deras tersebut berimbas pada rumah warga dan juga yang berada di kompleks Bank Sulut dan PMI yang dilokasi tersebut terdapat dua gorong-gorong (plat duicker) yang berada di jalan trans Sulawesi. Kami dari Pemerintah Desa memang sudah berapa kali mengusulkan lewat Musrembang, kemudian sampai ke tingkat Kecamatan dan Kabupaten.” Imbuh Alfian

BACA JUGA  Tim Monitoring dan Evaluasi Kecamatan Kwandang Datangi,  Tinjau  Desa Botungobungo

Diketahui warga yang terdampak banjir tersebut kurang lebih ada 30 kepala kelurga yang terdiri dari tiga dusun, yakni dusun Botuliyohu, dusun pusat dan dusun harapan.
Setelah Pemerintah Desa mengecek kembali informasi tentang keberadaan gorong-gorong tersebut yang berada di seputaran PMI dan Bank Sulut ternyata itu wilayahya balai jalan, sebab menurut Irfan itu adalah bukan kewenangan dari Pemerintah Daerah.

BACA JUGA  Bupati Gorut Indra Yasin Jalin Kerjasama Bersama PLTU Anggrek

“Kami juga, sudah koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk menyampaikan agar supaya bisa di fasilitasi dan disampaikan ke pihak balai jalan Provinsi Gorontalo.” Ungkap Alfian

Di katakan pula ketika intesitas hujan semakin tinggi dirinya sebagai Pemerintah Desa selalu mengimbau masyarakatnya untuk selalu waspada akan terjadinya banjir. Sebab menurutnya gorong-gorong yang berada di seputaran Bank Sulut dan PMI itu sudah tidak mampu lagi menampung debit air akibat hujan deras yang cukup lama hingga air banjir merambat sampai ke badan jalan.

BACA JUGA  Gara-Gara Chamdi Tomy Remaja Kabgor Bergeliat di Politik

“Dan memang ini setiap saat di lakukan oleh masyarakat untuk membersihkan sampah-sampah yang menggenangi selokan dan gorong-gorong.  Agar tidak terjadi penyumbatan ketika curah hujan yang semakin tinggi. Meskipun begitu tetap keberadaan gorong-gorong tersebut sudah tidak mampu lagi menampung air yang mengalir cukup deras.” Tutup Irfan.

Untuk memastikan keberadaan plat duicker tersebut kami awak media mencoba melihat langsung di lokasi tersebut. Semoga ini menjadi perhatian khusus  tindak lanjut dalam penanggulangan bencana alam.(Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge 

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here