Desa Leboto Kembangkan Limbah Pertanian Menjadi Pakan Ternak

12
Desa Leboto Kembangkan Limbah Pertanian Menjadi Pakan Ternak
Desa Leboto Kembangkan Limbah Pertanian Menjadi Pakan Ternak (Foto medgo.id)

Gorut, MEDGO.ID — Dengan memiliki wilayah yang sangat strategis untuk pertanian, dan peternakan, Pemerintah Desa Leboto, Kabupaten gorontalo Utara, terus berupaya kembangkan potensi lahan yang ada untuk peningkatan kesejahteraan para petani dan peternak, khususnya dalam pengolahan limbah pertanian menjadi pakan ternak.

Kepala Desa Leboto Alfian M. Ali mejelaskan selain unggulan pertanian dan peternakan, Alfian yang saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan beberapa hal penting tentang limbah pertanian sebagai pakan ternak, Rabu. (7/4/2021)

BACA JUGA  Camat Kwandang Ibrahim Tomelo Pantau langsung Sosialisasi dan Pemantapan SDGs Desa Bulalo

“Yang pada saat ini Pemerintah Desa akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah akan mendorong pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak, tapi ini masih menunggu master plan nya yang lebih besar dengan skala global daerah sebagai mana mendorong kerja sama antara daerah dan kabupaten.” jelas Alfian.

Alfian juga menambah bahwa hal ini telah dirapatkan dalam beberapa waktu yang lalu untuk direncanakan. Ia menjelaskan beberapa hal perencanaan Gorontalo Utara sebagai holding atau tempat transitnya peternakan ke beberapa daerah, seperti ke Kalimantan Utara, Tarakan, Nunukan, dan Balik Papan.

BACA JUGA  Bupati Gorut Indra Yasin Jalin Kerjasama Bersama PLTU Anggrek

Menurut Alfian, bahwa ini merupakan peluang bagi masyarakat Gorontalo Utara membuka usaha khususnya pertanian dan peternakan. Terkait dengan SDM yang dimiliki oleh masyarakat Desa Leboto, Alfian menjelaskan lagi diakuinya masyarakat Desa tersebut masih terikat dengan budaya atau pun kebiasaan.

“Kalau SDM yang lokal itu pada saat saya mengakui bahwa, walaupun memiliki pendidikan yang tinggi, akan tetapi masyarakat itu terikat dengan budaya, artinya kebiasaan dari masyarakat itu sendiri memang sejak dulunya masih begitu, terikat dengan budaya mereka sendiri. Untuk itu pula Pemerintah lebih mencanangkan yang millenial dalam arti yang terkinilah,” ujarnya.

BACA JUGA  Desa Ilangata Kab Gorut Dapat Kunjungan Sosialisasi Pertanian PT Restu Agropro Jaya Mas

Lanjutnya,”Nah terhadap SDM ini saya melihat bahwa ini hanya menunggu pergerakan serta percontohan dari Pemerintah, dan saya yakin insya Allah mereka akan mampu menyesuaikan dengan perkembangan terkini dalam kegiatan usaha,” tutup Alfian. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here