Catatan Mahasiswa UNG, Pada Tahapan Kampanye Pilkada 2020 Kabupaten Gorontalo Ditengah Covid-19

64

Oleh : Nurbela Ismail 

(Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo)

KATA kampanye sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, apalagi saat menjelang pemilihan umum atau juga bisa disebut pesta rakyat, kata kampanye akan terdengar dimanapun, apalagi provinsi gorontalo menggelar pemilihan kepala daerah Pohuwato, Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango. Tentu geliat kampanye akan merambah hingga ke pelosok desa. Kampnye merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk meyakinkan kepada masyarakat terkait visi, misi dan citra kerja mereka sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati, sebagai peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Kampanye juga merupakan suatu tahapan yang cukup panjang untuk dilakukan karena harus mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam penyelenggaraan kampanye. Kampanye sendiri yaitu suatu bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap pasangan calon peserta pemilihan umum kegiatan kampanye bisa berupa konser musik, jalan sehat, dan acara kebudayaan.

Kampanye dilaksanakan agar pasangan calon mudah melakukan penyuluhan terhadap program kerja mereka, bila terpilih nanti, dalam pemilihan kepala daerah. Hal ini juga membantu setiap pasangan calon untuk mendapat dukungan dari masyarakat. Akan tetapi penyelenggaraan kampanye ditengah pandemi Covid-19 ini menimbulkan banyak kendala tidak hanya pasangan calon yang meyelengarakan kampanye, juga bagi Tim Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) yang melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan kampanye yang dilakukan oleh setiap pasangan calon.

BACA JUGA  Ada Apa Dengan Demokrasi Kampus Merah Maron???

Mengingat wabah virus Covid-19 ini sangat berbahaya karena penyebarannya yang sangat cepat menular terutama pada orang tua yang sudah lanjut usia, anak-anak dan orang-orang yang sistem imunnya lemah. Apalagi bila virus ini sampai tertular pada ibu hamil tentunya ini akan sangat beresiko baik bagi ibunya maupun janin yang sedang dikandungnya dan maasih banyak lagi bahaya-bahaya yang akan ditimbulkan apabila penyebaran virus corona ini tidak cepat diberhentikan.

Seperti halnya kegiatan kampanye yang diselenggarakan di Kecamatan Limboto Barat tepatnya di desa Hutabohu dimana pasangan calon Rustam Akili dan Dicky Gobel menyelenggarakan kampanye dengan mengundang 50 peserta kampanye saja yang dapat hadir dalam kampanye tersebut, hanya orang-orang yang mendapat undagan saja, tetapi hal tersebut seakan tidak berlaku bagi masyarakat karena masih ada masyarakat yang tetap ikut dalam kampanye tersebut walaupun tidak mendapat undangan.

BACA JUGA  Menanti Serangan Fajar, Apa Yang Bisa Kita Dapat? 

Selain itu, ada juga ibu hamil yang ikut serta dalam kampanye tersebut walaupun sudah dilarang oleh pasangan calon dan Tim Bawaslu yang mengawasi jalannya kampanye setiap paslon. Dalam menyelenggarakan kampanye setiap pasangan calon harus mematuhi portokol kesehatan dan aturan-aturan yang ditetapkan dalam pelaksanaan kampanye ditengah pandemi Covid-19, agar kampanye yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik.

Meyelenggarakan kampanye ditengah wabah Covid-19 ini sangat berbahaya, karena dapat meyebabkan bertambahnya pasien yang terpapar virus corona. Penyelenggaraan kampanye harus sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh KPU dalam pasal 57 undang-undang No 13 Thn 2020 dan dalam meyelenggarakan kampanye tidak boleh bertentangan dengan peraturan yang sudah ditetapkan tersebut karena bagi pasangan calon yang melanggar akan dikenai sanksi sesuai dengan pasal 88 C ayat (2) PKPU No 13 Thn 2020. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona.

BACA JUGA  Pandemi Covid-19 Dan (Kegagalan?) Sistem Demokrasi

Dalam hal ini selaku penulis, berharap agar penyelenggaraan kampanye ditengan wabah Covid-19 ini dapat diperhatikan dengan lebih baik lagi, dan baik pasangan calon maupun Bawaslu harus lebih tegas lagi, dalam memberikan peringatan kepada masyarakat yang tidak mematuhi aturan yang sudah ditetapkan, agar tidak dapat menimbulkan hal-hal yang beriseko yang dapat meyebabkan bertambahnya orang yang terpapar virus dan membuat keadaan semakin lama untuk pulih dari wabah virus corona ini.

Sumber: Huyula.id

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here