Camat Kwandang Yang Baru DiSambut Adat Mopotilolo Oleh Masyarakat Desa Botungobungo

443

Gorut MEDGO.ID –  Prosesi adat Mopotilolo kembali di gelar di desa Botungobungo, yaitu penyambutan kunjungan perdana Camat Kwandang, Tamrin Monoarfa ke desa Botungobungo, Kecamatan, Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara.(Gorut). Sabtu (10/7)2021)

Masyarakat desa Botungobungo dan aparat desa terlihat sangat antusias menyambut kedatangan orang nomor satu di Kecamatan Kwandang, Tamrin Monoarfa bersama ketua Tim penggerak PKK, dan sekretariat Kecamatan beserta staf.

BACA JUGA  Tenaga Ahli P3MD Gorut, Beri Kesempatan Melakukan Pemutahiran Data SDGs Sampai Bulan April.

Usai di sambut dengan adat Mopotilolo, Camat Kwandang Tamrin Monoarfa langsung memberikan sambutan dan arahannya kepada masyarakat desa Botungobungo yang sempat hadir diacara prosesi adat yang dilaksanakan di kantor Desa Botungobungo, Kecamatan Kwandang.

BACA JUGA  Diskusi Menggugat Birokrasi, Bertajuk “Menyoal Kedatangan TKA di Bumi Serambi Madinah”

“Alhamdulillah saat ini saya berada di tengah-tengah masyarakat desa Botungobungo, dan tentunya kami atas nama Camat Kwandang secara pribadi dan keluarga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya, atas penerimaan yang telah di gelar pada hari ini.

Insyaa Allah kami akan melaksanakan tugas sosial kemasyarakatan pembangunan, yang ada di desa Botungobungo. Karena memang persyaratan ini, atau penerimaan secara adat kami tidak bisa abaikan.” ucap Tamrin

BACA JUGA  Kades Putiana Siap Dukung Program Berkelanjutan Di kecamatan Anggrek

Lanjut Tamrin mengatakan, dirinya dalam beberapa hari yang lalu tidak bisa menghadiri kegiatan masyarakat yang ada di desa Moluo, yaitu acara pernikahan, maupun duka.

BACA JUGA  Antisipasi Zona Hitam Covid-19, Ini Yang Dilakukan Pemdes Molingkapoto Selatan (MolSel) Kwandang

“Banyak keluarga yang meninggal, dan banyak pula keluarga yang mengadakan hajatan suka, namun kami tidak bisa berkunjung kesitu, karena memang persyaratan-persyaratan gelar adat seperti ini, sebab ada persiapan-persiapan oleh kepala desa.” jelas Tamrin.

BACA JUGA  Camat Kwandang Ajak Seluruh Kades Dan Aparaturnya Tetap Jaga Sinergitas Membangun Desa

Dirinya juga menyampaikan banyak terimakasih, serta penghargaan yang tak terhingga kepada semua pihak, terutama masyarakat yang telah memberikan dukungan dan pertisipasinya pada kegiatan prosesi adat Mopotilolo.

BACA JUGA  Pemerintah Desa Alata Karya Kwandang Percepat Pendataan SDGs

Sambung Tamrin mengatakan, kalau diukur dengan uang ataupun dengan materi, partisipasi masyarakat desa dan aparaturnya itu tidak dapat diukur dengan apapun, sebab menurutnya salah satu yang tidak dapat diukur dengan materi,-

BACA JUGA  DinKes Gorut Sisir Desa Posso Upaya Preventif Penyebaran Malaria Dan DBD

adalah ke ikhlasan semua masyarakat desa Botungobungo.
Ditempat yang sama pula usai pelaksanaan kegiatan gelar adat Mopotilolo, kepala desa-

Botungobungo, Ramli Kakilo, kepada awak media mengatakan, dirinya sangat bersyukur dengan kegiatan prosesi penyambutan secara adat Mopotilolo kepada Camat Kwandang telah terlaksana dengan baik dan sukses.

BACA JUGA  Bupati Gorut Indra Yasin Sambut Kedatangan Dewan Masjid Indonesia Provinsi Gorontalo

“Alhamdulillah, pelaksanaan proses adat ini berjalan lancar atas kunjungan perdana di desa kami yaitu Camat Kwandang yang baru, bapak Tamrin Monoarfa, yang pada bulan kemarin telah dilantik oleh pak Bupati, sudah sah menjadi Camat di Kecamatan Kwandang.

BACA JUGA  Wabub Gorontalo Utara Lantik Dan Mengambil Sumpah Penjabat Kepala Desa Ilangata Yang Baru

Dan ini adalah salah satu kebanggaan buat kita masyarakat Kecamatan Kwandang khususnya masyarakat desa Botungobungo. Karena beliau bapak Camat adalah putra asli Kecamatan Kwandang, yaitu di desa Cisadane.” terang Ramli

BACA JUGA  Pemerintah Desa Posso Siapkan 5 Program Desa Berskala Prioritas

Lanjut Ramli, bahwa desa Botungobungo di bagi 4 dusun dengan jumlah 320 KK, dengan luas wilayah desa, 12,6 Kilometer. Ramli juga mengatakan, dirinya akan siap dan mendukung seluruh program yang ada di Kecamatan Kwandang.

BACA JUGA  Pemda Gorut Launching Perdana Aplikasi BLC (Bersatu Melawan Corona) Oleh Pemprov Gorontalo.

“Untuk itu kami mengharapkan kepada bapak Camat, untuk tak henti-hentinya memberikan arahan dan pembinaan, serta petunjuk kepada kami, dan juga kepada masyarakat desa Botungobungo.

BACA JUGA  Pemdes Langge Menggelar MUSDes Rancangan Peraturan Desa Tentang APBDes Perubahan 2021

Saya sebagai kepala desa, tentunya akan menjalankan roda Pemerintahan desa Botungobungo, sebagai desa berkembang dengan komitmen membangun desa dengan wajah Kecamatan Kwandang yang baru.

Tentunya juga saya sebagai manusia biasa tetap punya kekhilafan dan kesalahan yang masih banyak kekurangan serta kelemahannya, insyaa Allah dengan niat dan kerja keras, serta dukungan masyarakat desa semuanya akan terwujud untuk tetap membangun desa.

BACA JUGA  Wakil Bupati Gorut : SIA BUMDes Bentuk Transparansi Desa

Alhamdulillah hadir juga Ibu Sekretaris Kecamatan Kwandang, Ois Arifin Monoarfa, semoga beliau juga selalu memberikan petunjuk dan arahannya kepada teman-teman-

BACA JUGA  Demi Pemulihan Ekonomi Masyarakat, Pemdes Molingkapoto Salurkan BLT Kepada 86 KPM Tahap 9

aparat desa Botungobungo, terutama terkait dengan adminitrasi kegiatan pelaksanaan atau pun kegiatan dana desa yang ada di desa Botungobungo.” pungkas Ramli. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here