Camat Kwandang Di Sambut Secara Adat Mopotilolo Oleh Masyarakat Desa Alata Karya

365

Gorut MEDGO.ID – Masyarakat desa Alata Karya sambut secara adat Mopotilolo kepada Camat Kwandang Tamrin Monoarfa. Penyambutan secara adat ini-

dilaksanakan di kantor desa Alata Karya Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.(Gorut)
Kamis,(17/6/2021)

BACA JUGA  Ahmad Abdullah: Jangan Kita Terpengaruh Berita Hoax, Sebab Vaksin Itu Aman Dan Halal

Prosesi penyambutan secara adat ini menjadi pusat perhatian bagi masyarakat pengguna jalan saat melintas di depan kantor desa Alata Karya, karena posisi kantor desa-

tersebut tepat berada di pinggir jalan trans Sulawesi, sehingga masyarakat yang lain pun ingin menyaksikan langsung prosesi penyambutan adat Mopotilolo kepada Camat Kwandang yang baru.

BACA JUGA  Pemdes Taluduyunu Utara Edukasi Masyarakat Lakukan Vaksinasi

Untuk mengawali tugas sebagai Camat yang baru, harus didahului dengan penyambutan adat oleh para pemangku adat, “Adati tilolo wawu dudelo”

ini adalah penerimaan secara resmi dari masyarakat kepada Camat Kwandang bersama istri, saat berkunjung ke desa Alata Karya.

BACA JUGA  Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo Utara Percepat Penyaluran BST Di Masa PPKM Skala Mikro

Saat di temui awak media, kepala desa Alata Karya, Sofyan Basir Mahmud menjelaskan bahwa prosesi adat Mopotilolo ini harus di-

laksanakan sebagai bentuk penghormatan kepada pemimpin kecamatan yang baru, saat mengunjungi desa Alata Karya.

BACA JUGA  Pendamping PKH Anggrek Gelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi Bagi Penerima Bansos di Desa Ilodulunga

“Alhamdulillah kami selaku Pemerintah desa Alata Karya bersama masyarakat menyambut kunjungan perdana bapak Camat Kwandang, dan sekaligus dilaksanakan secara adat, Mopotilolo.

Kenapa ini harus dilakukan? karena setiap kunjungan Camat yang baru ke beberapa desa yang ada di Kecamatan Kwandang ini, itu harus dilakukan penyambutan secara adat, dan Alhamdulillah prosesi ada Mopotilolo ini berjalan dengan lancar.” ucap Sofyan.

BACA JUGA  Bupati Indra Yasin Mulai Khawatir Bahasa Atinggola Nyaris Hilang

Lebih lanjut Sofyan mengatakan terkait dengan pemimpin Kecamatan yang baru, dirinya sebagai Pemerintah desa Alata Karya akan terus mendukung program-program berkelanjutan yang berskala prioritas.

“Sebab itu kami pula selaku Pemerintah desa Alata Karya akan siap melaksanakan tugas dan perintah dari Kecamatan maupun dari tingkat Kabupaten, dalam program pembangunan berkelanjutan, sosial, maupun budaya.

Dari kunjungan pertama pak Camat ke desa Alata karya, berarti kami selaku Pemerintah, ini tindak lanjut dari pemerintahan desa dan kecamatan yang dilaksanakan melalui adat tadi, ini sudah tidak ada satu penghambat daripada kunjungan tingkat kecamatan Kwandang sampai ke desa Alata Karya.” jelas Sofyan.

BACA JUGA  Pemdes Hiyalo Oyile Apresiasi Mahasiswa KKN Tematik UNG Ikut Berkontribusi Dalam Program Desa Membangun

Dirinya pun sangat bersyukur bahwa prosesi adat tersebut mendapat dukungan serta antusias-

masyarakat Alata Karya yang menyaksikan langsung jalanya prosesi penyambutan secara adat kepada Camat Kwandang, Tamrin Monoarfa bersama istri.

Menyentil soal pemerintahan kecamatan yang baru, yaitu tentang sistem yang akan di jalankan nanti, Sofyan mengatakan akan tetap terus mengikuti setiap kebijakan-kebijakan yang ada.

BACA JUGA  Pemdes Ilangata Kecamatan Anggrek Siapkan Dengan Matang Proses Adat Mopotilolo

“Dengan adanya pergantian Camat, tentu beliau menguasai daripada kecamatan Kwandang yang terdiri dari 18 desa, di hari kedepan selaku camat terinformasi bahwa beliau akan-

melaksanakan pertemuan di tingkat kecamatan untuk mengevaluasi kegiatan pelaksanaan pembangunan yang ada di seluruh desa Kecamatan Kwandang.” tandas Sofyan

Lanjut Sofyan lagi di akhir wawancara, dirinya mengatakan, Insyaa Allah dalam pemerintahan yang baru, ini akan membawa lagi Kecamatan Kwandang kedepan ke predikat yang lebih baik.

BACA JUGA  Menristek/BRIN RI Puji Peran UNG pada Program Desa Berinovasi

Sebab menurutnya di tahun 2021 ini Kecamatan Kwandang telah sukses dalam penilaian lomba desa, seperti halnya desa Pontolo yang telah mewakili Kabupaten dan Kecamatan Kwandang dalam lomba desa. (Inong)

Reporter:
Suripno Ar Onge

Editor: RH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here