Camat Kwandang Ajak Seluruh Kades Dan Aparaturnya Tetap Jaga Sinergitas Membangun Desa

461

Gorut MEDGO.ID – Pemerintah Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara,(Gorut) terus memacu program percepatan pembangunan berskala prioritas, serta berkomitmen tinggi dalam pelayanan kemasyarakatan.

BACA JUGA  Pemdes Mootinelo Kecamatan Kwandang Salurkan BLT Kepada 42 Keluarga Penerima Manfaat

Untuk mewujudkan semua itu dibarengi juga dengan sinergitas antara Pemerintah Kecamatan, Pemerintah desa, dan aparaturnya sampai ke lapisan masyarakat.

Demikian yang telah di sampaikan oleh Camat Kwandang, Tamrin Monoarfa, usai pelaksanaan penyambutan secara adat di desa Mootinelo, Kecamatan Kwandang. Minggu, (11/6/2021)

BACA JUGA  Pemerintah Desa Molingkapoto salurkan BLT tahap ll Bagi Warga Kurang Mampu

Dalam kunjungan perdananya di desa Mootinelo, Camat Kwandang Tamrin Monoarfa, di dampingi ketua Tim penggerak PKK Kecamatan Kwandang,-

BACA JUGA  Indra Yasin Serahkan Secara Simbolis Beras Premium Kepada Keluarga Penerima Manfaat

Sekretaris Camat Kwandang, Ois Arifin Monoarfa, Kepala desa Mootinelo, Yupardin Kuslin, ketua Tim penggerak PKK desa Mootinelo, Babinsa, tokoh adat, dan tokoh agama.

BACA JUGA  Camat Kwandang Tamrin Monoarfa Kedepankan Kualitas Pelayanan Masyarakat, Kecamatan Dan Desa.

Usai pelaksanaan prosesi adat Mopotilolo, Camat Kwandang menyampaikan beberapa hal tentang sinergitas antara kepala desa dan aparaturnya, begitu pun dengan mitra kerja, yaitu Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) serta unsur aparat desa.

BACA JUGA  Pemdes Helumo Gelar Rapat Musyawarah Desa Dan Penyusunan RKPDesa

“Kami sangat berharap dukungan seperti ini senantiasa tetap diberikan kepada kepala desa, dalam rangka membangun desa Mootinelo. Kami berharap dukungan sepenuhnya bukan sekedar datang dari-

BACA JUGA  Camat Anggrek Rampungkan Kunjungannya Di 15 Desa Kecamatan Anggrek

masyarakat umum, tetapi tentunya dari mitra-mintra kerja juga, baik dari LPM, BPD, dan Unsur aparat desa. Sebab inilah yang terpenting. Tiga lembaga ini kalau sudah menyatu, tentunya semua program-program desa bisa terlaksana.” ucap Tamrin.

BACA JUGA  Bupati Gorut Indra Yasin Pimpin Rakor Bersama Forkopimda Bahas Tentang Pengaman Mudik.

Lebih lanjut Tamrin mengatakan, kalau semuanya itu telah bersatu, dipastikan semua urusan dan perencanaan program pembangunan desa akan terlaksana dengan baik, dan kalau aparat desa masih sendiri-sendiri atau-

BACA JUGA  DPMD Gorut Gelar Rapat Persiapan Pemilihan Kepala Desa, Serentak 10 Desa Dan 3 PAW

saling sekat dengan mitra kerja, itu akan sulit, begitupun sebaliknya. Sebab menurut Tamrin, keduanya harus seiring sejalan, BPD harus mensuport, kerja apa yang menjadi rencana kepala desa.

BACA JUGA  Pemdes Leboto Prioritaskan Progres Perencanaan Pembagunan, MusrembangDes 2022

“BPD, tentunya akan berpandangan bahwa selama itu untuk kepentingan masyarakat, sepanjang itu kepentingan orang banyak. Sehingga kelak di kemudian hari ini tidak terjadi silang pendapat dan perbedaan.” jelas Tamrin.

BACA JUGA  Camat Kwandang Ibrahim Tomelo Pantau langsung Sosialisasi dan Pemantapan SDGs Desa Bulalo

Tamrin juga menceritakan pengalamanya sewaktu masih di Dinas PMD Gorut, dirinya kurang lebih dua tahun bergelut dengan urusan di 123 desa yang ada di Gorut.

“Memang persoalannya bermacam-macam, ada aparat yang tidak sepaham dengan kebijakan kades, ada BPD yang tidak se-ide dengan program desa. Nah, inilah yang kami inginkan bahwa semua unsur harus menyatu, untuk apa?

BACA JUGA  Pemdes Botungobungo Prioritaskan Anggaran DD untuk Infrastruktur Masyaraat Desa

tentunya ini adalah loyalitas di atas segala-gala nya. Kades adalah User, kades juga ada penanggung jawab Pemerintahan di desa, maka tidak ada alasan bagi teman-teman aparat untuk tidak melaksanakannya.” tandas Tamrin.

BACA JUGA  Pemdes Leboto Terima Kunjungan Dan Sosialisasi Polda Gorontalo Tentang Perpol 01 Tahun 2021

Di tempat yang sama pula Kepala desa Mootinelo, Yupardin Kuslin, atau sering di sapa Aya Dedy, kepada awak media, dirinya mengatakan sangat bersyukur telah suksesnya upacara adat Mopotilolo yang sangat sakral ini.

BACA JUGA  Pemdes Ilangata Kecamatan Anggrek Siapkan Dengan Matang Proses Adat Mopotilolo

“Alhamdulillah, hari ini kita telah melakukan prosesi penyambutan secara adat Mopotilolo kepada bapak Camat Kwandang yang baru, pak Tamrin Monoarfa. Saya sebagai kepala desa Mootinelo dan aparatur desa,-

BACA JUGA  Pemerintah Desa Hiyalo Oyile Terima Bantuan Benih Jagung Dari Dinas Pertanian Gorut

mengucapkan ucapan terimakasih banyak atas dukungan semua pihak terutama masyarakat desa yang telah berpartisipasi atas suksesnya kegiatan adat ini. Ucapan terimakasih pula kepada pak Camat, yang tidak henti-hentinya memberikan arahan,-

BACA JUGA  Pemerintah Desa Leboto Pastikan Percepatan Pendataan SDGs

nasihat serta petunjuknya kepada kami selaku aparatur Pemerintahan desa, untuk tetap menjalankan roda Pemerintahan yang baik, tetap selalu bersinergi antar aparatur desa dan juga BPD, maupun LPM sebagai mitra kerja.

BACA JUGA  Pemdes Popalo Salurkan Bantuan Beras PPKM, Vitamin Suplemen Dan Handnitaizer

Tentunya ini yang harus kita jaga, kita pelihara, tetap jalin komunikasi dengan semua pihak antara Pemerintahan desa, Pemerintahan kecamatan Kwandang,-

para mitra kerja, serta dukungan dari semua
element masyarakat desa. Insyaa Allah ini akan menjadi motivasi kami didalam mewujudkan semua program-

BACA JUGA  Pemdes Langge Salurkan Bantuan Beras PPKM Kepada Masyarakat Yang Terdampak Covid

percepatan pembangunan Kecamatan maupun desa, terlebih dalam peningkatan pelayanan masyarakat, dan melayani dengan hati.” pungkas Aya Dedy. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here