Bupati Gorontalo Menyerahkan Bantuan Perikanan Kepada Masyarakat Nelayan

38

KABGOR– Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menghadiri acara penyerahan bantuan perikanan yang di adakan Dinas Perikanan Kabupaten Gorontalo, pada Senin (14/09/2020).

Acara yang di hadiri Lurah Kelurahan Kayu Bulan, Lurah Kelurahan Hunggaluwa, Camat Kecamatan Telaga Biru yang di wakili Kepala Desa Pentadio Timur, serta perwakilan Nelayan penerima bantuan yang berasal dari Kelurahan Hutuo dan Desa Pentadio Barat.

Nelson Pomalingo dalam sambutannya mengharapkan bantuan-bantuan yang di berikan di evaluasi, di bina, dan di bimbing sampai sukses. Dan juga Nelson mengharapkan kepada penerima bantuan agar bantuan yang di berikan dipergunakan dengan baik.

“Jadi saya mohon kepada kepala-kepala Desa di pinggiran danau, di cek dengan benar bantuan-bantuan yang ada”, ujar Nelson.

Selain itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gorontalo, Abdulbar Yahya dalam kesempatan wawancara menyampaikan bahwa Dinas Perikanan mendapatkan alokasi anggaran untuk dana insentif daerah untuk pemberdaya ekonomi masyarakat terkhusus nelayan.

“Kebetulan di Dinas Perikanan Kabupaten Gorontalo ada beberap industri kecil khusus mengelola ikan (ikan fufu) itu ada 25 UKM. Kemudian untuk nelayan danau ada 14 orang dari jumlah nelayan yang ada di pesisir danau Limboto ada sekitar 300 lebih, sehingga yang mendapatkan alokasi ada 14 orang”, ujar Abdul.

Abdulbar juga menyampaikan bahwa nelayan yang mendapatkan bantuan adalah nelayan yang terdampak covid-19. Mereka mendapatkan bantuan berupa perahu, alat tangkap, dan stereform (cool box).

“Jadi jumlah keseluruhan yang mendapatkan perahu 14 orang, kemudian yang menerima bantuan alat tangkap ada sekitar 80 orang, dan yang menerima stereform atau cool box 595 orang untuk pengelola ikan atau pedagang ikan fufu mereka kita fasilitasi dengan cool box”, lanjut Abdul.

Dan juga Abdulbar menyampaikan anggaran yang dikucurkan melalui dana insentif Daerah sekitar 700 juta lebih, dan juga Abdul menyampaikan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 kurang lebih 2,1 miliar.

“Jadi harapan saya untuk penerima bantuan ini, kiranya dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya karna ini untuk pemulihan ekonomi, bagaimana mereka bisa menggunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya sesuai profesi mereka masing-masing”, pungkas Abdul. (Ubay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here