Bulalo Go Desa Cantik dan Cinta Statistik

28
Desa Bulalo Go To Desa Cantik dan Cinta Statistik

Gorut, MEDGO.ID — Pemerintah Desa Bulalo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara mendapat kepercayaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) menjadi Desa Cantik, Desa Cinta Statistik.

Sesuai program-program Desa berskala prioritas terutama baik dalam hal pelayanan publik dan juga program kompetensi aparatur desa dalam pengolahan pemanfaatan data, pada Kamis (25/03/2021)

Kepala Desa Bulalo, Fiti K Rahim, menjelaskan kepada awak media MEDGO. ID pihaknya sangat bersyukur atas terpilihnya Desa Bulalo menjadi Desa Cantik

“Alhamdulillah di tahun 2021 ini Desa Bulalo merupakan pilot project dari BPS yang memprogramkan Desa Cantik, Desa Cinta Statistik. Ini adalah sebuah program peningkatan kompetensi aparatur Desa dalam pengolahan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan Desa itu lebih tepat sasaran.” jelas Fiti

Inisiasi awal Desa Cantik merupakan cikal bakal kegiatan pembinaan statistik di tingkat Desa diinisiasi oleh kantor BPS di beberapa daerah.

“Dan saya sangat bersyukur di percayakan oleh BPS menjadi salah satu Desa Cantik dari 100 Desa yang ada di Indonesia. Dengan demikian akan membawa Desa Bolalo ini meningkat IDM nya,(Indeks Desa Membangun) baru naik.” Imbuh Fiti.

Di jelaskan oleh Fiti bahwa selama 35 tahun Desanya masih dalam posisi Desa tertinggal, sedangkan di tahun 2020 Desa Bulalo baru masuk pada Desa berkembang, dan dirinya menginginkan Desa tersebut menjadi Desa mandiri.

“Dan untuk mencapai Desa mandiri itu masih ada dua bibit lagi kita ingin capai yakni Desa maju dan Desa mandiri. Dengan adanya pilot project ini saya berharap cita-cita kita untuk Desa Bulalo meraih Desa Mandiri ini pelan dan bertahap dan pasti kita wujutkan sejalan dengan visi misi saya sebagai kepala Desa.” tandas Fit

Dengan semangat kerja keras dalam kesungguhan membangun Desa mandiri, Fiti menginginkan Desa Bulalo adalah Desa yang Cerdas, dalam arti mempercepat dalam pembangunan, hidup rukun dan damai masyarakatnya, religius, adil dan sejahtera. Menurutnya ini sangat sejalan denga program BPS, yang menjadikan Desa Cantik, Desa cinta Statistik.(Inong)

Reporter: Suripno Ar.Onge

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here