BSPS 17 KMP di Desa Potanga Ditempatakan Eks HGU Dibatalkan Perusahan

Penjabat Kepala Desa Potanga Kecamatan Botumoito Suparman Mahmud

Boalemo, MEDGO.ID – Kelompok penerima manfaat (KPM) berjumlah 17 dari 21 KMP, penerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang akan ditempatkan di Eks HGU di Desa Potanga Kecamatan Botumoito awalnya masyarakat dan pemdes merasa bersyukur karena diizinkan oleh perusahan dapat memanfaatkan lahan Eks HGU untuk program BSPS.

Apa lagi kami mendapatkan informasi dari pertanahan dan diperkuat dengan surat dari pertanahan bahwa ada lahan yang diluar HGU dimana 30 meter dari depan jalan baik kanan dan kiri tidak masuk pada sertipikat HGU, maka masyarakat yang mendapatkan bantua BSPS akan ditempatkan disitu, ungkap penjabat Kepala Desa Potanga Suparman Mahmud diruang kerjanya, Rabu (6/9/2022).

BACA JUGA  Pemdes Langge Apresiasi Mahasiswa KKS UNG Dirikan Bak Sampah Untuk Masyarakat Desa
Surat Pembatalan dari Perusahan PT. Perkembunan Nusa Rumpun Permai

Ini pun melalui proses pertemuan di desa serta rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPRD yang dihadiri oleh BPN, DPRD, Pemerintah Kabupaten, Perkimhutan, Camat, Kapolsek, Danramil dan masyarakat, dan semuanya telah menyampaikan kepada pihak perusahaan baik secara regulasi dan lainnya, akhirnya turun lapangan dan perusahan sepakat mendukung program pemerintah, sehingga masyarakat yang mendapatkan bantuan BSPS akan ditempatkan di eks HGU bahkan pihak perusahaan jika ada pohon kelapa menghalangi lokasi BSPS, maka silahkan ditebang tanpa harus dibayar.

Lanjut penjabat kepala desa potanga Suparman Mahmud, tiba-tiba perusahan mengirimkan surat ke pemerintah desa bernomor : 002/PT. PNRP/VIII/2022 tertanggal 16 Agustus 2022, menindaklanjuti pertemuan direktur PT. Perkebunan Nusa Rumpun Permai dengan BPN, maka surat kami tertanggal 8 Agustus 2022 bernomor : 001/PT- PNRP/VIII/2022 untuk pemberian 1,6 hektar untuk BSPS dipending karena pemilik saham lain tidak setujuh dan meminta pengukuran dan penetapan batas-batas milik lahan dari perusahan.

BACA JUGA  Ronald Ismail: Masih Ada 5 Desa Yang Belum Salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT)

“Tadinya perusahaan secara berhadapan langsung menyampaikan bersepakat dengan BSPS, namun mengeluarkan surat yang menjadi bumerang bagi masyarakat penerima BSPS karena bantuannya sementara disalurkan, karena ini program pemerintah jika ada salah satu pihak membatalkan secara pihak kesepakatan awal maka kami menyerahkan sepenuhnya kepemerintah kecamatan dan pemerintah kabupatan,” tutup penjabat kepala desa Suparman Mahmud.

BACA JUGA  Pemdes Tutuwoto Dalam Perencanaan Pembangunan Posko PPKM Masih Menunggu Anggaran DD Tahap 2

Sementara Camat Botumoito Jefri Kaluku sangat menyesalkan sikap perusahan HGU PT. Perkebunan Nusa Rumpun Permai yang membatalkan secara sepihak pemberian lahan 1,6 hektar kepada masyarakat untuk program BSPS dan ini akan kami laporkan kepada Pak Bupati sebab program sementara berjalan.

Untuk itu, kami dari pemerintah kecamatan akan menindaklanjuti permasalahan tersebut, dan mudah-mudahan dari pemerintah daerah secepatnya dapat menyelesaikannya, kami berharap masyarakat yang menerima bantuan BSPS bersabar pastinya ada jalan keluarnya. (Adv).