Berita  

Bawaslu Bone Bolango Lakukan Koordinasi dengan Kejari

Bonebol, Medgo.id — Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bone Bolango yang di pimpin oleh Moh. Fahri Kaluku, SH (ketua) bersama Moh. Zain Slamet Baladraf, SH,.M.AP (anggota) dan Alti Mohamad, S.Pi (anggota), sore tadi lakukan koordinasi dengan Kepala Kejaksaan Negeri Bone Bolango Raden Sudaryono, SH,.MH, selasa (14/06/2022).

Kunjungan kerja tersebut merupakan silaturahim sekaligus koordinasi yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Bone Bolango mengingat tahapan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 sudah hari ini tanggal 14 juni 2022.

BACA JUGA  Praktek Tak sehat Lelang Proyek 40 M Jalan AR Katili, Peserta Lelang Adukan Ke KPK

Dimana, sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 yang telah dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia pada tanggal 9 Juni 2022.

Kunjungan kerja yang diterima langsung oleh Kepala Kejari Raden Sudaryono, SH,.MH, diruang kerjanya dan turut didampingi oleh Kasie Pidum Kejari Bone Bolango banyak membahas terkait kesiapan-kesiapan Bawaslu sebagai penyelenggara yang bertugas mengawal dan mengawasi tahapan pemilu dan kesiapan Kejaksaan Negeri sendiri sebagai mitra Bawaslu dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) yang ada di Bawaslu.

BACA JUGA  Bawaslu Kota Gorontalo, Gelar Sosialisasi Peraturan Bawaslu Pemilu 2024

Fahri Kaluku mengatakan Bawaslu sendiri sudah melakukan evaluasi dan mengkaji kembali hasil-hasil proses terhadap penanganan pelanggaran yang pernah dilakukan Bawaslu pada pemilu dan pilkada sebelumnya.

“Berupaya pada pelaksanaan pemilu serentak ini akan menjadi lebih baik lagi dengan dukungan pihak kejaksaan dan kepolisian yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu,” Ucapnya

Hal senada juga disampaikan oleh Kasie Pidum di hadapan Raden Sudaryono bahwa pihak kejaksaan sendiri juga sudah melakukan evaluasi-evaluasi proses penanganan pada pemilu dan pilkada sebelumnya.

BACA JUGA  Bangun Moralitas Masyarakat, Adhan Dambea Kembali Gelar Kegiatan Syair dan Dakwah

“Sehingga dalam pelaksanaan tahapan ini kita akan berupaya lebih baik lagi membantu Bawaslu dalam hal proses penanganan dan pelanggaran,” jelasnya

Diketahui bahwa Kejaksanaan Negeri Bone Bolango adalah salah satu mitra Bawaslu Kabupaten Bone Bolango bersama Kepolisian Resort Bone Bolango yang tergabung dalam Sentara Pelayanan Penegakkan Hukum Terpadu yang biasa disebut Sentra Gakkumdu yang bertugas melakukan proses penanganan pelanggaran terhadap tindak pidana pemilu dalam proses tahapan pemilu dan pemilihan. (IH)