Bapppeda Boalemo Menggelar Seminar Penyusunan Dokumen Kajian Gini Ratio

BOALEMO, MEDGO.ID – Pemerintah Kabupaten Boalemo memiliki komitmen kuat untuk mengakselerasi pencapaian pada kesejahteraan masyarakat walau pun melalui tahapan.

Itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) Kabupaten Boalemo Srijun Dangkua pada seminar di aula Kantor Bapppeda dengan pembicara dari Universitas Negeri Gorontalo Herwin Mopangga, Kamis (19/5/2022).

Foto peserta Seminar dari berbagai OPD di Kabupaten Boalemo

“Tujuannya menyusun dan menilai indeks Gini rasio Kabupaten Boalemo yang memberikan gambaran proporsi tingkat pendapatan, sehingga dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan daerah dan sebagai bahan evaluasi pembangunan daerah,” ujar Kaban Bapppeda Srijun Dangkua.

Indeks/Rasio Gini merupakan koefisien yang berkisar 0 sampai 1, yang menjelaskan kadar ketimpangan distribusi pendapatan nasional. Semakin kecil angka gini rasio, semakin merata distribusi pendapatan.

BACA JUGA  Setelah Di Lantiknya Ketua DPRD, Ini Pesan Walikota Gorontalo Kepada Hardi Sidiki

Sementara Bupati Boalemo Anas Jusuf di wakili oleh Asisten II Fadlina Podungge, dalam mengukur keberhasilan program pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Boalemo maka perlu satu penelitian/kajian yang mengukur tingkat kesenjangan pendapatan masyarakat khususnya di Kabupaten Boalemo.

“Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam melaksanakan pengukuran indikator keberhasilan tersebut adalah Gini Ratio. Target dan Sasaran dari penyusunan dokumen GINI RATIO Kabupaten Boalemo Tahun 2022 adalah untuk mengetahui tingkat ketimpangan pendapatan (Ratio Gini) masyarakat di Kabupaten Boalemo dilihat dari beberapa aspek dan kriteria serta penyebab terjadinya ketimpangan tersebut,” jelas Asisten II Fdlina Podungge.

BACA JUGA  Boalemo Utus 34 Kafilah Ikut MTQ-X Tingkat Provinsi Gorontalo di Bone Bolango

Kajian Gini Ratio selayaknya dilaksanakan setiap tahun agar pengukuran keberhasilan program pembangunan bisa dilaksanakan. Kabupaten Boalemo terakhir kali melaksanakan penyusunan dokumen kajian gini ratio adalah pada tahun 2020, karena pada tahun 2021 terjadi pemangkasan anggaran (Refocusing) untuk kegiatan kajian gini ratio.

Dalam penyusunan dokumen kajian gini ratio Kabupaten Boalemo 2022, Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo, mengharapkan kepada peserta supaya benar-benar mengikutinya serta dapat di implementasikan.

BACA JUGA  Ratusan Warga Bulango Ulu Antusias Ikut Divaksin Covid-19

Dalam Seminar Penyusunan Dokumen Kajian Gini Ration yang di laksanakan oleh Bapppeda Kabupaten Boalemo turut hadiri Kepala Dinas Perkimhutan Safrudin Lamusu, Sekretaris Kominfo Rusni Lapangi, mewakili PUPR, mewakili Disnakertrans, mewakili Dinas Kesehatan, mewakili Ekbang, mewakili Dinas Pertanian, mewakili Dinas Kelautan dan Perikanan, mewakili Dinas Pendidikan, mewakili Dinas Sosial dan PMD, mewakili Dinas Pariwisata, mewakili Perpustakaan dan Kearsipan, mewakili Dukcapil, mewakili Dinas Pangan, mewakili PTSP, dan mewakili Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Adv).