Banjir Bandang Kembali Melanda Gorontalo, Tim SAR Ilato Brimob Gorontalo Langsung Menuju Ke Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango

BONE BOLANGO– Banjir bandang yang menerjang wilayah Kecamatan Bone Raya, Bulawa, dan Bone Pantai dipicu oleh hujan deras yang mengguyur sepanjang hari.Kondisi cuaca tersebut memicu terjadinya peningkatan debit air sungai, yang kemudian meluap dan melanda wilayah permukiman warga pada senin (07 / 09 / 2020 ) pukul 17.00 wita.

Tim SAR Ilato Brimob Gorontalo yang sedang bersiaga mendapatkan informasi akan terjadinya banjir bandang di kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango langsung mempersiapkan segala peralatan SAR dan segera menuju ke lokasi terjadinya banjir.

Ketika pada pukul 23.30 wita, situasi banjir yang menerjang tiga kecamatan di Bone Pesisir telah surut. Warga yang terdampak banjir telah diungsikan ke lokasi yang aman. Beberapa fasilitas umum saat ini masih tertutup longsor yang cukup tebal.

BACA JUGA  DPRD Tinjau Persiapan Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi di Bone Bolango

Di Kecamatan Bulawa banjir bandang menerjang Desa Kaidundu, Dungilata, Mopuya, Mamungaa Timur. Air bah bercampur lumpur membuat sejumlah rumah warga porak-poranda. Di Desa Mopuya tercatat ada tiga rumah yang hanyut dibawa arus, serta sejumlah rumah rusak berat akibat terkena lumpur.

Ketika Tim SAR Ilato Brimob Gorontalo sampai di kecamatan Mopuya sekitar pukul 21.00 wita Tim SAR Ilato tidak bisa melanjutkan perjalanan karena terkendala akses ke lokasi banjir dan trpaksa harus bermalam di kecamatan Mopuya. Ketika pagi hari Tim SAR Ilato Brimob Gorontalo akhirnya tembus ke kecamatan Bulawa pada pagi harinya.

BACA JUGA  Pusat Inovasi UNG Bakal Laksanakan Konferensi Internasional Tentang Inovasi

Setelah sampai di kecamatan Bulawa Tim SAR Ilato Brimob Gorontalo langsung membersihkan material lumpur bekas banjir bandang yang memutuskan akses jalan trans Sulawesi. Bukan hanya lumpur yang di bawa oleh banjir bandang tersebut, namun batang pohon yang berukuran besar pun turut mengahalangi jalan trans Sulawesi.

BACA JUGA  Fadli Melu : Non-aktifkan Pengurus Kekraf Bonebol, Melemahkan Kreatifitas . Itu Kebijakan Gegabah!

Danyon bataliyon B Pelopor Brimob Polda Gorontalo melalui Iptu Ruslan A Djafar yang memimpin Tim SAR Ilato Brimob Gorontalo mengatakan bahwa “kami mendapatkan informasi akan terjadinya banjir bandang di kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango, Tim SAR Ilato Brimob Gorontalo yang sedang bersiaga langsung mempersiapkan segala perlengkapan SAR dan langsung menuju ke lokasi kejadian. Namun sesampainya di lokasi kejadian kami terhambat akan akses jalan dan saat pagi hari baru bisa membersihkan jalan trans agar bisa dapat dilalui kembali” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan