APBD 2023 Bakal Turun Dratis, Bupati Hamim Pastikan TPP ASN Bone Bolango Tetap Stabil

Bonebol, Medgo.ID — Meski postur APBD Kabupaten Bone Bolango pada tahun 2023 nanti menyusut dratis atau berkurang sekitar Rp250 miliar. Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, memastikan besaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango tetap stabil pada APBD tahun anggaran 2023.

Hal tersebut diutarakan Bupati Hamim Pou di hadapan peserta Coaching Clinic Penyusunan RKA SKPD Tahun Anggaran 2023, di Ballroom Hotel Maqna Gorontalo, Kamis (3/11/2022) malam. Dimana, Ia tetap mengupayakan tidak mempengaruhi anggaran untuk TPP para ASN.

BACA JUGA  Lestarikan Kesenian Tradisional, Muslimat NU Bone Bolango Gelar Lomba Debe

“Tahun depan adalah tahun yang tidak mudah untuk kita semua. Tidak banyak yang anda akan input di aplikasi Simda FMIS dan SIPD. Uang kita tahun depan sedikit, kita kehilangan lebih kurang Rp250 miliar. Padahal APBD kita tahun 2020, itu pernah mencapai sebesar Rp1,1 triliun lebih,” terang Bupati

Kata Bupati, itulah kenapa tahun depan sulit untuk kita semua. Walaupun demikian ia mengingatkan terus ke Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma dan Kepala BKPD Iwan Mustapa, ditengah APBD Bone Bolango turun. Janganlah TPP ASN diturunkan atau dihilangkan.
Terlepas dari penurunan APBD tahun 2023 mendatang, Bupati memastikan TPP untuk ASN Pemkab Bone Bolango akan tetap ada.

BACA JUGA  Begini Harapan Aleg Bone Bolango Disatu Tahun Kepemimpinan HPMU

“Saya terus mengingatkan ke pak Sekda dan Kepala BKPD ditengah APBD turun. TPP ASN jangan diturunkan atau dihilangkan,”ujar Bupati Hamim dan berharap seluruh ASN dapat memaklumi keadaan tersebut.

Hamim menyebutkan tahun depan APBD Kabupaten Bone Bolango tidak lebih dari Rp900 miliar.”Jadi sekitar Rp200 miliar lebih APBD kita yang hilang. Olehnya, OPD-OPD jangan terlalu berharap. Apalagi OPD wajib, tidak akan banyak mendapatkan anggaran. Paling yang banyak ini hanya OPD Dinas Pendidikan, Kesehatan, PUPR, BKPD, dan selebihnya menunggu belas kasih dari TAPD,”

BACA JUGA  26 Orang Perwira, Bintara dan Tamtama Kodim 1304 Gorontalo Naik Pangkat

“Pembahasan anggaran ini saya tongkorongi terus. Karena ini anggaran harus dibagi-bagi sesuai tujuan. Uangnya sedikit, gol-nya belum jelas buat saya. Karena saya kepala daerah dibatasi oleh waktu, maka saya harus merealisasikan visi misi maupun janji-janji politik kami,”pungkas Bupati Hamim Pou. (Adv)