Antisipasi Badai Siklon Tropis Landa Gorontalo, Pemkot Himbau Warga Tetap Waspada

Pemerintah Kota Gorontalo
Pemerintah Kota Gorontalo.(Foto:Hms)

KOTA GORONTALO, MEDGO.ID — Pemerintah Kota Gorontalo melakukan tindakan cepat terhadap potensi terjadinya siklon tropis, yang diprediksi turut menyasar wilayah sebagian sulawesi dan gorontalo.

Badan Nasional Penaggulangan Bencana memberikan peringatan dini sejumlah wilayah di Indonesia untuk waspada, terhadap dampak pergeseran siklon tropis surigae berdasarkan data BMKG.

Kepala Badan Penanggulangan bencana daerah Kota Gorontalo skandar Moerad, menerangkan langkah cepat yang dilakukan Pemkot bersama Polres Gorontalo Kota dan TNI membentuk posko terpadu siaga bencana, bertempat di depan Rudis Gubernur Gorontalo.

BACA JUGA  Cegah Katarak Dari Dini, Pemkot Lakukan Penanganan Dari Hulu ke Hilir

” Hal lain yang dilakukan, dengan mengeluarkan edaran Walikota Gorontalo kepada masyarakat melalui camat dan urah setempat. menindak lanjuti surat edaran Gubernur Gorontalo tertanggal 14 April 2021, tentang langkah – langkah antisipasi kesiapsiagaan menghadapi potensi bibit siklon tropis 94 W” ujar Islandar, saat diwawancarai Sabtu 17/4/21.

Dalam surat itu, Iskandar menyebut terdapat 6 point penting yang diperlu diperhatikan dalam menghindari resiko bencana siklon tropis.

Pertama masyarakat diminta untuk berhati – hati ketika beraktifitas diluar rumah terhadap cuaca ekstrim, Akibat bencana siklon tropis.

BACA JUGA  Pulihkan Ekonomi, Pemkot Gorontalo Terima 294 Miliar

” kami menghimbau untuk lebih mawas diri, karena potensi yang akibatkan cukup rawan, yaitu hujan lebat, angin kencang, longsor dan air pasang ombak” jelasnya.

Sehingga pada point kedua dalam edaran itu, masyarakat di imbau untuk segera mencari tempat yang aman menghindari bencana tersebut.

Kemudian masyarakat diharapkan senantiasa mengecek kondisi rumah dan bangunan yang ditinggali, untuk mencegah terjadinya angin kencang dan hujan lebat.

Himbauan berikutnya, bagi masyarakat yang tggal di wilayah perbukitan, seperti kecamatan Dumbo raya, hulonthalangi dan kota barat diminta mawas dan tetap waspada terhadap resiko tanah longsor.

BACA JUGA  Merayakan Natal, Marten Taha: Apapun Agamanya Dia Adalah Warga Kota Gorontalo

Demikian juga masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Bone dan Bolango untuk berjaga diri dari ancaman banjir bandang.

Terakhir bagi masyarakat yang ingin meminta bantuan, sesegara mungkin dapat menghubungi pihak BPBD melaui telpon darurat badan penaggulangan bencana dan pemadam kebakaran dinomor 0435 – 822602 dan contact person. 082259934143.

” Kami juga standby di posko terpadu siaga bencana kota Gorontalo, jika terjadi bencana silahkan datang langsung ke posko tersebut” ucap Iskandar.(Adv/IH)

Tinggalkan Balasan