Analisis Money Politik Pemilihan Bpd Tahun 2019 Di Desa Hulawa, Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato

80

Oleh: Sintia Tino

Money politik adalah pemilihan yang tidak adil sebab ketika pemilihan ditentukan dengan besarnya uang maupun makanan dan lain sebagainya sehingganya lahirlah pemimpin yang tidakakan bertanggung jawab, dan tidak berpotensi dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pemimpin.

Biasanya money politik juga sering terjadi ketika ada pemilihan ketua atau pemimpin, dan itu yang terjadi di Desa Hulawa, Kecamatan Buntulia tahun 2019 kemarin, adanya pertarungan orang-orang yang baik untuk memajukan desa namun dengan adanya money politik yang di lakukan para calon BPD itu tidak baik.

Dengan adanya money politik yang ada di Desa Hulawa atau transaksi pemberian uang oleh satu calon dalam pemilihan BPD itu akan menhapus kearifan local masyarakat Desa Hulawa.

Di mana masyarakat desa yang lebih mengutamakan orang-orang yang berilmu dan orang-orang yang berakhlak itu akan hilang.

karena masyarakat desa lebih mengutamakan orang-orang yang ber uang atau orang-orang yang memiliki banyak harta bukan orang yang memiliki ilmu atau orang yang berpotensi dalam bidang BPD sehingga desa itu sendiri akan di kuasi oleh orang-orang yang ber uang.

BACA JUGA  Merawat Keberagaman, Ketua DPRD Kota Gorontalo Menghadiri Perayaan Natal

Sementara money politik atau politik perut yang dilakukan oleh pasangan calon untuk membeli hak demokrasi seseorang dan mengajak seseorang untuk memilih dia sebagai calon BPD yang nantinya akan memimpin masyarakat desa itu sendiri.

Tetapi di satu sisi lain masyarakat desa tidak memikirkan dampak yang akan terjadi di tahun yang akan datang dan itu akan merusak desa hulawa itu sendiri.

Seharusnya yang dipilih oleh masyarakat desa itu orang yang bisa membuat desa kita akan lebih baik tetapi malah dikuasiai oleh orang-orang yang tdak visioner jadi maksud dari visioner itu sendiri adalah pemimpin yang mampu melihat kedepan, dan mampu melihat kedepannya.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah pertarungan orang-orang yang berpotensi dan orang-orang yang ingin memajukan desa namun adanya money poltik di desa hulawa yang dilakukan oleh beberapa calon BPD itu merusak semua system dan cara berpolitik masyarakat desa, BPD juga merupakan salah satu lembaga baru yang ada di desa yang muncul di era otonomi daerah.

BACA JUGA  Meningkatkan Kesadaran Politik Dan Menolak Money Politik Untuk Pemilih Pemula

Selain itu, BPD juga di anggap sebagai parlemennya desa. Anggota BPD sendiri terdiri dari penduduk desa yang mewakili wilayah masing-masing yang pemilihannya ditetapkan dengan cara musyawarah.

Anggota BPD setelah terpilih di resmikan secara langsung oleh bupati dan walikota.

Fungsi dari BPD sendiri yaitu menetapkan apa yang menjadi peraturan desa dan hal ini dilakukan bersama kepala desa, selain itu BPD juga berfungsi menampung dan menyalurkan apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat desa itu sendri.

Berdasarkan apa yang telah di bahas dapat di simpulkan bahwa penyelanggaraan bahaya money politics pemilihan BPD di desa hulawa tahun 2019 ada sebagian masyarakat berpendapat bahwa tidak ada bahayanya money politik pemilihan BPD pada tahun kemarin.

BACA JUGA  Pemerintah Desa Molingkapoto salurkan BLT tahap ll Bagi Warga Kurang Mampu

Itu berjalan dengan lancar tetapi ada juga sebagian masyarakat yang berpendapat adanya money politik.

Karena kurangnya pengawasan bahanya money politik ditengah pemilihan BPD dan akibat money politik tersebut hilangnya orang-orang yang berahlak, orang-orang yang berilmu dan orang-orang visioner, yang di maksud dengan visioner adalah orang yang mampu untuk melihat kedepan melebihi penglihatan orang lain.

Orang visioner ketika ditanya tentang rencana-rencanannya akan menjawab dengan jelas dan tegas terhadap rencana-rencana yang diberikan seyagai ia menjadi Ketua BPD.

Misalnya, jika saya terpilih nantinya menjadi ketua BPD saya akan melaksanakan tugas dan tanggung jawa saya sebagai ketua BPD, ternyata setelah ia terpilih menjadi ketua BPD malah tidak sesuai dengan apa yang diucapkan sebelum dia menjadi ketua BPD.

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here