banner 728x250

Jelang Idul Adha Desa Helumo Siapkan 13 Ekor Hewan Qurban

  • Bagikan
banner 468x60

Gorut MEDGO.ID – Pemerintah desa Helumo Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) bersama masyarakat desa yang tergabung dalam kelompok penyembelihan hewan Qurban, kembali mempersiapkan 13 ekor hewan kurban di tahun ini.

Diketahui, memang di setiap tahunnya masyarakat desa Helumo ikut ambil bagian dalam penyembelihan hewan Qurban melalui kelompok yang di koordinir langsung oleh kepala desa Helumo dan Ta’mirul masjid.

BACA JUGA  Indra Yasin Instruksikan Seluruh Camat, Gebyar Vaksinasi Sampai Ke Tingkat Desa Dan Sekolah

banner 336x280

Kelompok hewan Qurban tersebut memang sudah berdiri sejak lama, hal itu dijelaskan langsung oleh kepala desa Helumo, Hartono Mustafa, saat di temui awak media diruang kerjanya. Kamis,(8/7/2021)

BACA JUGA  Polres Gorontalo Utara Komitmen Sukseskan Vaksinasi di Perbatasan

“Alhamdulillah untuk persiapan menjelang hari raya Idul Adha, yang Insyaa Allah tanggal 20 Juli, yang tinggal menghitung hari dan untuk masyarakat desa Helumo sudah ada persiapan, khususnya dua masjid.

Di desa Helumo ini kan ada 4 dusun, kemudian di setiap dusun itu ada 1 masjid, kalau yang di bawah sini 2 dusun 1 masjid. Nah disitu persiapan hewan qurban ada 7 ekor.

BACA JUGA  Pemdes Alata Karya Gelar Monitoring Evaluasi (Monev) Dana Desa Tahun 2021

Dan untuk wilayah masjid yang kedua, itu juga meliputi 2 dusun, disana persiapan hewan qurbannya ada 6 ekor, kalau di sekitar sini masjid
Al-Mukhlisin, kemudian disana juga masjid Jabal-Nur, persiapan hewan qurbannya juga ada 6 ekor. Jadi total sapi hewan qurban di desa Helumo ini semuanya ada 13 ekor.” ujar Hartono.

BACA JUGA  Pemdes Tutuwoto Percepat Progres Pembangunan Dan Penyaluran BLT 2021

Dikatakannya lagi, di desa Helumo, qurban tersebut memang rutin dilaksanakan pada setiap tahunya, disebutkan Hartono pada tahun lalu ada 11 ekor hewan qurban, dan untuk tahun ini bertambah 2 ekor.

Tidak hanya sebagai kepala desa, dirinya juga sebagai tokoh agama di tengah-tengah masyarakat desa, mengajak tanpa ada unsur paksaan untuk menyisihkan sebagian harta, beramal dan membantu masyarakat yang kurang mampu, terutama fakir miskin.

BACA JUGA  Sosok Mayat Pria Ditemukan Tengkurap Di Perairan Tihengo Kwandang

“Sistem saya itu selalu mengajak masyarakat, memberikan arahan, mumpung kita diberikan kelebihan dan rezeki oleh Allah SWT, dalam setiap hasil panen, untuk bisa menyisihkan sebagian hartanya untuk niat bersedekah melalui ibadah qurban yang mulia ini.

BACA JUGA  Posko Perbatasan Beroperasi 6-17 Mei, Bupati Gorut Indra Yasin bersama Forkopimda Tinjau Lagi

Dari segi penghasilan panen tersebut cukup lumayan, katakanlah ada sekitar puluhan juta pendapatan masyarakat. Nah di satu sisi kewajiban kita pertahun ini, paling tinggi 2 juta. Ketika hasil panen lancar-

dan bagus, karena 1 tahun itu bisa mencapai 2 kali panen. Syukur nikmat inilah yang harus kita barengi dengan amal ibadah. Cuma seperti itulah yang selalu saya himbau kepada masyarakat desa Helumo.” ucap Hartono.

BACA JUGA  Desa Pontolo Siapkan Diri Ikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gorontalo Utara

Untuk beramal atau pun menyisihkan sebagian hartanya, Hartono terus mengingatkan warganya tentang hikmah qurban. Mengutip dari pesan-pesan Islami, Orang bisa diketahui ketaqwaannya dengan ibadah qurban. Karena taqwa itu harus dibuktikan dengan ketaqwaan sosial. Dan sifat pelit atau menahan harta adalah bukan sifat orang yang bertaqwa.

BACA JUGA  Pemdes Pontolo Sambut Baik Kunjungan Camat Dungaliyo Dan Kades Pilolalenga Kabupaten Gorontalo

“Saya selalu menyampaikan, tidaklah merasa rugi dan bangkrut kalau kita berqurban di jalan Allah, justru kita abaikan syukur nikmat ini, maka segala cobaan, kegelisahan, atau takut dengan hasil panen gagal, hama di mana-mana.

BACA JUGA  Oscar Noho: Kami Targetkan Capaian Vaksinasi di Atas 90% Untuk Desa Hialo Oyile

Dan ketika sukses pun harta yang didapat pasti tidak ada berkahnya. Alhamdulillah dengan beberapa himbauan ini masyarakat sadar dan merasa terpanggil untuk membentuk kelompok kurban.” tandasnya

BACA JUGA  Pemerintah Desa Titidu Prioritaskan Pelayanan Masyarakat

Hartono pun berharap kepada masyarakat, ketika mendapat nikmat, mari kita sisihkan sebagian harta kita di jalan Allah SWT.

“Dengan demikian insyaa Allah, Allah akan selalu berikan kita segala kemudahan dan urusan kita, semoga dengan qurban ini kita selalu di jauhkan dengan hal-hal yang tidak inginkan. Apalagi saat situasi pandemi sekarang ini, dengan berqurban-

BACA JUGA  Progres Percepatan Vaksinasi, Puskesmas Anggrek Optimalkan Pelayanan Vaksin di Desa
i

insyaa Allah aliran darah qurban bisa menghalau penyebaran Virus Corona, dan semoga hati kita terketuk untuk secara rutin berqurban demi kedekatan diri kita kepada Allah dan demi menggapai surga-Nya. Aamin ya Rabbal Alamin,” pungkas Hartono di akhiri do’a. (Inong)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *